Susah Akrab dengan Saudara Kandung? Bukan Karena Tidak Sayang, Ini 5 Alasannya

in , ,
Susah Akrab dengan Saudara Kandung? Bukan Karena Tidak Sayang, Ini 5 Alasannyahttps://www.kompas.com/
Susah Akrab dengan Saudara Kandung? Bukan Karena Tidak Sayang, Ini 5 Alasannya https://www.kompas.com/

Masalah yang sangat menjengkelkan dalam keluarga adalah ketika merasa sulit untuk mengakrabkan diri dengan kakak atau adiknya sendiri. Namun, bukan berarti mereka saling benci. Mereka saling menyayangi, tapi ada beberapa alasan yang menyebabkan keakraban sulit terjalin.

Ada saja yang membuat kamu dan saudaramu berebut atau ada hal memicu perdebatan. Pada hal hubungan kakak adik sangatlah penting. Berikut adalah beberapa penyebab umum kenapa seseorang bisa merasa sulit sekali dekat dan akrab dengan saudaranya.

5 Kunci Memiliki Keluarga Bahagia

Mengapa begitu sulit untuk bisa cocok dengan kakak dan adik sendiri?

Selengkapnya, inilah 5 alasan kenapa kakak adik susak akrab.

1. Karena jarang berkomunikasi

Ilustrasi Anak Berantem 20180901 165353
Ilustrasi Anak Berantem manado.tribunnews.com

Penyebab umum, kenapa susah akrab dengan saudara kandung karena kurangnya berkomunikasi. kunci mengakraban hubungan yaitu dengan menjaga komunikasi yang baik.

Saudara kandung bisa menjadi sahabat terdekat, tetapi juga bisa jadi sebaliknya. Hubungan antara kakak beradik sebenarnya tidak sesederhana yang terlihat. Hubungan ini dapat dipengaruhi banyak hal seperti peristiwa hidup, faktor genetik, perlakukan orang tua, ataupun pengalaman di luar keluarga.

ARTIKEL TERKAIT •
Catat, Ini 3 Sikap Menghadapi Kehadiran Ibu Tiri

2. Karena kepribadian yang berbeda

006552200 1442823531 Slide 269757 1881791 Free
www.liputan6.com

Alasan yang kedua selain kurangnya komunikasi. Perbedaan kepribadian terkadang menjadi faktor untuk susah dekat dengan saudara kandung. kalau sudah urusan beda karakter dan kepribadian memang susah urusannya. Setiap manusia pasti memiliki karakter masing-masing. Makanya, meskipun saudara kandung, sangat wajar jika kakak dan adik bisa punya kepribadian yang berbeda.

Selain itu, kepribadian masing-masing juga berperan pada hubungan kakak beradik. Persaingan bisa terjadi jika kepribadian kakak sangat jauh berbeda dengan adiknya. Meski bukan berarti, kepribadian yang mirip tidak akan memicu persaingan sama sekali.

3. Karena pernah terjadi konflik besar

073381200 1581648538 Dulu Akur Sekarang Tidak Ini Penyebab Saudara Bertengkar Saat Sudah Dewasa Shutterstock 1435130363
www.klikdokter.com

Salah satu penyebab konflik besar seperti itu biasanya adalah uang yang memang bisa sangat sensitif. Bahkan, meski pada akhirnya berhasil terselesaikan, luka akibat konflik itu bisa tetap terasa. Bukan dendam, tapi lebih seperti pengganjal di hati sehingga sulit untuk bisa akrab seperti dulu lagi.

4. Karena Iri hati

Forum Keluarga Pic1
Forum Keluarga www.happifyourworld.com

Iri hati atau rasa ceburu ketika orangtuamu lebih perhatian dengan adik atau kakak. Rasa saling cemburu ini meski tidak terlalu jelas terlihat, tetap saja biasanya masih akan terasa. Membuat komunikasi jadi tidak baik, karena masing-masing memendam perasaan sendiri. 

ARTIKEL TERKAIT •
Gagal Menikah Meski Sudah Lama Pacaran? Intip Penyebabnya!

Penyebab timbulnya iri hati pun bisa sangat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama keluarga. Masalah seperti itu bukanlah masalah sepele, karena rasa iri bisa tertanam dan terbawa hingga dewasa dan menyebabkan sulit akrab.

Sering Disalahpaham, Ini 4 Cara Mudah Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Bahagia

5. Karena tidak dibiasakan oleh orangtua

4 3 1024x557 1
https://edukatips.com

Sebagian orang menjadi tidak akrab dengan saudaranya, karena memang sejak kecil orangtua tidak membiasakan mereka untuk saling bercengkerama. Ini biasanya terjadi pada kakak adik yang selisih usianya cukup jauh.

Seorang kakak pun jadi terlalu senang dengan teman-teman dan dunianya sendiri. Hal itu bisa terbawa hingga ia dan adiknya sudah besar. Makanya, jelas bahwa keakraban antara saudara kandung bisa sangat dipengaruhi oleh orangtua.

Kamu tidak perlu merasa kecil hati. Selama kalian saling menyayangi dan saling dukung sampai kapan pun.

Baca juga
5 Cara Hidup Bahagia, Yang Wajib Kamu Ketahui

Berikan Nilai Untuk Konten ini