Mengenal Rare Earth, Senjata Alternatif China Untuk Menyerang Balik AS Dalam Perang Dagang

in ,
Rare Earth Min

Perang dagang antara China dan Amerika Serikat memang menarik untuk disimak. Kemarin sempat heboh, setelah Donald Trump, Presiden Amerika Serikat memerintahkan secara langsung untuk memboikot produk China, Huawei. Hal ini bukan hanya berdampak pada kedua negara tersebut, melainkan merembet ke beberapa negara bahkan dunia.

Nah, sekarang apakah China bisa membalas manuver Amerika Serikat? Sepertinya bisa? Dengan Apa?

China Menguasai 95 Persen Komoditas Rare Earth

Rare Earth 1 Min

Rare Earth atau tanah jarang merupakan 17 elemen yang berfungsi sebagai komponen utama dalam berbagai perangkat seperti smartphone, kamera, televisi, komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Nah, ternyata China diketahui menguasai 95 persen dari Rare Earth. China menguasai semua rantai dan stok Rare Earth. Amerika Serikat sendiri sangat membutuhkan Rare Earth untuk kebutuhan industrinya.

Saat ini, Pemerintah China pun sudah mengurangi intensitas ekspor rare earthnya ke negeri Paman Sam sebagai balasan blacklist terhadap beberapa perusahaan asal China di Amerika Serikat dan serta kenaikan bea masuk barang-barang China di AS.

Jadi, bisa saja China menggunakan senjata Rare Earth untuk memukul balik manuver Amerika Serikat. Pantas ditunggu, bagaimana kelanjutannya perang dagang antara kedua negeri adidaya ini.

Semoga saja, perang dagang mereka tidak berdampak merugikan pada perdagangan dunia.

Tinggalkan Balasan

Participant

Channabeck Sutansyah

Editor in Chief di Bebaspedia. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.