Pahlawan Lingkungan yang Luput dari Perhatian Masyarakat

in
V5b1KqoP 20180324428151521863385large 765x510

Manusia adalah satu-satunya mahluk hidup yang kita tahu melakukan transaksi menggunakan uang. Sebenarnya dahulu orang-orang melakukan transaksi secara barter yaitu setiap dua orang saling bertukar barang sesuai kebutuhan yang mereka inginkan. Hingga ditemukanlah cara penggunaan uang sebagai nilai tukar barang bahkan digunakan untuk jasa.

Seiring dengan berkembangnya peradaban, manusia juga kini semakin maju dalam berbagai bidang. Uang sebagai alat pembayaran tetap menjadi primadona oleh semua orang. Hampir setiap orang merelakan  jiwa dan raganya hanya untuk mencari uang. Tetapi, semakin kesini kecanggihan teknologi yang bertujuan untuk mempermudah manusia telah menciptakan pembayaran non-tunai atau tanpa menggunakan uang. Hal ini dianggap lebih efisien dibanding dengan transaksi uang.

Saat ini modernisasi mengubah semua aspek dalam hidup. Mulai dari meningkatnya alat-alat moda, produk primer dan sekunder, serta jasa manusia yang relatif sudah menuju kemajuan. Dibalik semua itu sekarang ini pekerjaan sangat sulit dicari akibat dari populasi manusia yang signifikan. Inilah mengapa semakin banyak pengangguran karena lapangan pekerjaan masih kurang.

Di Indonesia sendiri banyak pemberitaan yang menyatakan jika lapangan pekerjaan sangat kurang. Padahal berita itu kurang benar, sebenarnya lapangan pekerjaan di Indonesia untuk tahun 2018 meningkat menjadi 2,99 juta lapangan kerja. Hal ini bisa mengakibatkan angka pengangguran menurun. Tetapi, mengapa sekarang ada banyak masyarakat yang menganggur padahal lapangan pekerjaan terbuka? Mungkin, faktor yang paling banyak terjadi adalah kurangnya minat dan bidang yang dimiliki oleh masyarakat sehingga banyak yang tidak sesuai dengan tuntutan pekerjaan.

Kemungkinan banyak masyarakat yang mencari pekerjaan yang memiliki standar tinggi. Misalnya ada yang ingin menjadi pegawai tetap seperti PNS, karyawan swasta dan yang lainnya. Padahal, ada banyak pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

Seperti yang kita tahu pada saat ini beberapa daerah di Indonesia mengalami krisis lingkungan hidup. Krisis lingkungan hidup adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat bahwa lingkungan sekitar yang asri adalah kebutuhan kita untuk mendapatkan oksigen yang sehat. Masyarakat yang minim pengetahuan tentang itu masih membuang sampah sembarangan.

Oleh karena itu, masyarakat harus berubah untuk meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu yang bisa saya paparkan adalah menciptakan pekerjaan yang bisa menjaga kelestarian lingkungan. Ada beberapa pekerjaan yang menurut saya berhubungan dengan itu tetapi masih memiliki standar pekerjaan yang bisa dikatakan tinggi. Diantaranya:

1. Aktivis Lingkungan Hidup

Menjadi seorang aktivitas lingkungan hidup itu merupakan hal yang sangat istimewa. Selain karena pekerjaan ini sangat mudah untuk dilakukan tetapi juga berdampak besar bagi kelestarian lingkungan. Biasanya aktivis lingkungan hidup ini dibawah naungan organisasi tertentu. Tetapi, jangan salah selain itu kita bisa membuat organisasi-organisasi aktivis lingkungan hidup sendiri. Ada banyak yang bisa dilakukan seperti menyeruakan hak-hak lingkungan, menjaga kebersihan lingkungan dan yang lainnya. Kalau kita bisa cerdas pekerjaan ini juga bisa menghasilkan uang. Dengan menjadi aktivis lingkungan hidup secara tidak langsung kita bisa menyelamatkan dunia.

2. Kerja di Kementrian Lingkungan Hidup

Siapa sih yang tidak mau kerja di kementrian yang berhubungan dengan pemerintahan. Pasti setiap orang sangat ingin karena selain pekerjaan yang baik juga pasti memiliki gaji yang juga tinggi. Salah satunya adalah bekerja di kementrian lingkungan hidup. Ada banyak yang bisa dilakukan di dalam pekerjaan ini khususnya meningkatkan pelestarian lingkungan hidup yang luas. Bukan hanya daerah-daerah terpencil saja tetapi bisa jadi daerah yang sangat luas.

3. Ahli Ekologi

Ahli ekologi adalah ilmuwan yang bertugas buat meneliti beragam spesies makhluk hidup di alam. Wah, seru banget kan? Apalagi bagi kamu yang sangat suka berpetualangan, cinta dengan beranekaragam mahluk hidup baik hewan dan tumbuhan pasti sangat suka dengan pekerjaan ini. Selain kerjanya meneliti, kamu bisa sekaligus menjaga ekosistem agar tetap terjaga.

4. Petugas Konservasi Alam

Menjadi seorang petugas konservasi alam adalah pekerjaan mulia. Bagaimana tidak, kamu ditugaskan untuk menjaga alam agar tidak punah. Kamu akan dituntut di alam untuk melihat dan mempelajari tentang alam itu sendiri. Wah, saya juga pengen jadi petugas konservasi alam.

5. Tukang Bersih Lingkungan

Jangan salah loh kenapa saya memasukkan tukang bersih lingkungan di dalam daftar ini. Menurut saya tukang bersih lingkungan ini pekerjaan yang paling mulia. Karena apa? Karena pekerjaan ini tidak banyak peminatnya tetapi jasanya sangat luar biasa bagi banyak orang. Beberapa pekerjaan tukang bersih lingkungan adalah tukang sapu jalanan, tukang pengangkut sampah, dan yang lainnya. Tetapi, ternyata masih banyak masyarakat seakan menilai pekerjaan ini dibawah level mereka. Padahal, jika seandainya pekerjaan ini hilang kemungkinan yang akan terjadi adalah sebuah kota akan tidak terawat dan sampah berserahkan.

6. Petani

Menjadi seorang petani tentu adalah pekerjaan mulia. Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman (seperti padi, bunga, buah dan lain lain), dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada kepengepul. Dengan menjadi seorang petani kita bisa menjaga ekosistem lingkungan khususnya di negara Indonesia ini.  Jadi petani yuk!

Itulah beberapa pekerjaan yang bisa kalian jadikan job list untuk mengabdi terhadap lingkungan sekitar. Ternyata menjadi seorang petugas lingkungan itu adalah sebuah pekerjaan mulia bahkan bisa memiliki predikat pahlawan lingkungan. Akan tetapi, banyak orang yang masih acuh dengan hal ini. Sedih nggak kalian jika lingkungan kita tercemari, kotor bahkan sudah ada ekosistem yang punah. Jika bukan kamu? Siapa lagi. Ayo kita menjaga kelestarian lingkungan agar tetap terjaga.

Sumber:

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan