Tahu dan Memahami Topik Diskusi itu Penting!

in
Sumber Gambar: Pixabay

Apabila dihadapkan pada sebuah diskusi, hal yang sebaiknya kita lakukan tentu melihat topik apa yang dibahas dalam diskusi tersebut. Apabila kita tidak mengerti dan memahami topik yang dibahas, lebih baik kita sekadar menyimak orang lain yang lebih memahami topik tersebut. Kemudian jika akhirnya kita terlibat dalam sebuah diskusi akan satu hal. Tentu memposisikan diri sebagai orang yang sedang mencari kesimpulan itu penting, karena jika kita sudah menarik kesimpulan bahkan sebelum diskusi dimulai. Apapun yang dikatakan lawan bicara akan sulit kita terima, apalagi jika isinya kontradiktif.

Sikap terhadap friksi

Diskusi tentu merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan lebih dari satu orang. Artinya, akan banyak kepala berbeda yang bertemu untuk membahas satu hal. Kita semua tahu, diskusi akan selalu menimbulkan friksi. Namun, friksi ini akan berkonotasi seperti apa itu tergantung pihak terkait yang sedang berdiskusi. Friksi bisa jadi positif bila terdapat kesimpulan yang disepakati setelah perbedaan argumentasi terjadi. Friksi juga akan menjadi satu hal negatif apabila diskusi berujung saling ejek dan saling hujat karena perbedaan argumentasi.

Tidak ada upaya spesifik yang bisa kita lakukan untuk membuat diskusi berjalan baik. Karena sebaik apapun kita dalam berdiskusi, lawan bicara kita saat diskusi juga menentukan akan jadi seperti apa diskusi tersebut. Tapi, setidaknya kita mulai dari diri sendiri dulu.

1. Berdiskusi lah dengan merangkai argumentasi sesederhana mungkin agar mudah dipahami.

2. Baca baik-baik argumentasi lawan bicara agar kita paham betul apa yang dimaksud, tujuannya tentu agar tidak salah menginterpretasikan apa yang coba disampaikan lawan bicara.

3. Jangan denial, cobalah buka pikiran mu terhadap argumen orang lain.

4. Jangan berdebat soal keyakinan dan kepercayaan. Kepercayaan itu mutlak benar bagi penganutnya.

5. Jika tak setuju, serang argumentasi nya, bukan orangnya.

6. Hindari kecacatan dalam berlogika (baca:logical fallacy)

Sekian beberapa cara untuk berdiskusi yang baik. Tetapi bersikap dan membuat diskusi berjalan baik tidak semudah membaca poin yang saya sampaikan diatas. Akan selalu ada kondisi dimana kita mendapat lawan diskusi yang kelakuannya bisa dibilang “UNBELIEVEABLE”. Bagaimanapun, di internet kita akan selalu bertemu beragam orang. Diskusi yang kita harapkan berjalan baik akan selalu berpeluang rusak oleh perilaku random people yang gagal menikmati hidup di dunia nyata. Disitu terkadang saya merasa hendak berkata kasar.

Oleh: Akmal Maulana

#DiskusiSehat #SadarLiterasi #Simplewaytoknow #EBID #Argumen #Friksi #Diskusi #Fallacy

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Tinggalkan Balasan