5 Trik Psikologi Dalam Menenangkan Hati Orang Lain, Mau Coba?

in
Words And Phrases To Avoid When Talking To Your Girlfriend
Words And Phrases To Avoid When Talking To Your Girlfriend

Ada kalanya orang terdekat kita mengalami fase di mana pikiran terasa kacau hingga membuat hati pun jadi galau. Nah, ada 5 trik psikologi yang bisa kamu lakukan untuk menenangangkan hati orang lain.

Trik psikologi yang bisa menenangkan hati atau perasaan seseorang tanpa merasa tersinggung. Hal ini bisa dikarenakan adanya masalah asmara, kerjaan yang menumpuk, bosan dengan aktivitas harian, ataupun faktor lain.

Menenangkan hati dan pikiran menurut psikologi

1. Memberikan sanjungan

Photo 1551847677 Dc82d764e1eb B70592e0d1ae85fc3f2580f27b3eaeea
Trik Psikologi Dalam Menenangkan Hati Orang Lain |kaltim.idntimes

Jika kamu menyanjung tulus seseorang yang punya kepercayaan diri tinggi, mereka akan cenderung menyukaimu dan caramu menilai dirinya serta dapat menenangkan hatinya yang sedang galau atau sedih.

Peneliti telah mempelajari tentang motivasi di balik reaksi seseorang terhadap pujian yang telah dia lakukan. Tidak semua masalah itu buruk, terkadang dari masalah tersebut kita belajar tentang keteguhan, kesetiaan, proses pendewasaan, serta segudang manfaat lain jika kita mampu untuk berpikir tenang.

2. Memberikan empati dan benar-benar memahami dia

Coach Employees
Trik Psikologi Dalam Menenangkan Hati Orang Lain |learning.linkedin

Jika ingin menenangkan hati orang dengan cara yang positif, maka kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang punya empati dan benar-benar memahami mereka.

ARTIKEL TERKAIT •
6 Cara Mengkritik Orang Secara Santun, Dijamin Nggak Tersinggung

Seseorang akan cenderung nyaman berbicara padamu jika kamu mendengarkan pembicaraan mereka, lalu mengulangi makna pembicaraannya sebagai tanda kalau kamu paham.

3. Mengangguk dalam percakapan

Download 1
Trik Psikologi Dalam Menenangkan Hati Orang Lain |td.org

Terkadang seseorang tidak perlu mengeluarkan satu kata pun untuk mengekspresikan suatu pesan secara jelas. Bahasa tubuh sama pentingnya dengan komunikasi verbal, bahkan sering kali mencerminkan pesan atau perasaan seseorang yang sebenarnya.

Peneliti menemukan bahwa orang yang mengangguk saat mendengarkan pembicaraan orang lain, ini mampu menenangkan orang yang sedang bercerita dan akan cenderung setuju dengan orang tersebut. Manusia dikenal secara alami dengan perilaku menirunya, terutama jika itu punya makna positif.

4. Diam dan mendengarkan secara seksama walaupun dia salah

Friends Chatting Over Coffee In Cafe
Trik Psikologi Dalam Menenangkan Hati Orang Lain| today.line.me

Trik ini juga mampu membuat orang tenang dalam bercerita, tidak perlu mengungkapkan ketidak setujuanmu terhadap pendapat dia dengan mengubahnya menjadi percakapan yang halus dan sopan. Tanpa harus mengatakan secara langsung kesalahannya maupun melukai ego lawan bicaramu.

5. Meniru Bahasa Tubuh dan tingkahlaku Lawan Bicara

54503 Banyak Orang Dipuji Malah Jadi Canggung Ternyata Ini Alasannya
Trik Psikologi Dalam Menenangkan Hati Orang Lain |feedme.id

Meniru bahasa tubuh lawan bicara adalah pertanda baik. Misalnya ketika Kamu memiringkan kepala, lawan bicara Kamu juga akan memiringkan kepala.

ARTIKEL TERKAIT •
Rekomendasi Film Psikologi yang Mengejutkan Nalar

Peniruan bahasa tubuh seperti itu adalah sesuatu yang dilakukan tanpa disadari ketika seseorang merasakan adanya ikatan dengan lawan bicaranya dan dapat menenangkannya.

Biasanya hal tersebut menjadi pertanda bahwa pembicaraan berlangsung dengan baik dan lawan bicara kita dapat menerima pesan dengan baik.


Itulah trik mudah menurut psikologi dalam menenangkan hati orang yang sedang sedih atau galau karena hal lain. Selamat mencoba? Baca juga 5 Tips Menjadi Pendegar yang Baik

6 Karakter dan Kepribadian Penyukai Warna Ungu(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini