Efek Negatif Membentak Anak, Orang Tua Wajib Tau

in
Efek Negatif Membentak Anak, Orang Tua Wajib Tau
Efek Negatif Membentak Anak, Orang Tua Wajib Tau

Cara memberitahu anak nakal bukan dengan membentak. Cara ini hanya akan memberikan dampak negatif pada anak ke depannya.

Mendidik memang tidak mudah, bagi orang tua pastinya memiliki cara mendidik anak dengan cara yang berbeda-beda. Tentunya hal ini berujuan untuk kebaikan anak ke depanny.

Namun, ada kalanya anak menjadi rewel dan sulit diberi tahu, hal ini menjadikan orang tua secara tidak langsung membentak. Bisa dikatakan bahwa membentak atau memarahi anak adalah hal yang tidak mudah dihindari orang tua.

Terlebih saat anak sangat nakal dan orang tua merasa lelah. Padahal, cara membentak justru akan memberikan dampak negatif pada anak.

Sebagai orang tua, semarah apapun dengan anak, akan lebih baik untuk menjaga dan menahan diri agar tidak membentak si kecil. Jika orang tua masih sering membentak anak, coba jangan lakukan lagi.

Berikut adalah dampak negatif jika orang tua sering membentak anak.

150202114557 Discipline Child 3 Super 169
Source

1. Membuat anak takut melakukan hal baru

Ini adalah salah satu dampak negatif dari membentak anak. Ke depannya anak akan menjadi takut untuk melakukan hal baru, anak akan merasa tidak percaya diri dan takut disalahkan. Dengan begitu anak akan cenderung pasif dan tidak berkembang karena ditutupi rasa takutnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Merasa Terbebani dengan Harapan Orangtua? Lakukan 4 Hal Ini

2. Anak akan mengalami trauma

Perasaan takut yang muncul karena kerap dibentak bisa selalu diingat oleh anak. Hal ini mengakibatkan anak menjadi trauma dan ketakutan pada banyak hal. Salah satunya adalah anak menjadi trauma dan takut bertemu dengan orang lain.

3. Anak bisa menjadi pelaku bullying

Anak yang mengalami perlakuan kasar di lingkungannya bisa memicu untuk menjadi pelaku bullying. Mereka akan melakukan hal seperti membentak kepada orang lain, bahkan hal itu dia pelajari dari perliaku orang tua di rumah.

4. Menghambat perkembangan otak

Otak anak akan terhambat karena terlalu sering dibentak oleh orang tua, saat anak merasa ketakutan ketika dibentak, nantinya akan menyebabkan hormon stres pada anak meningkat. dari sini akan memutuskan sambungan sel-sel di otak anak, dan ini menjadi proses berfikir anak menjadi terhambat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini