Kenali Penyebab Depresi Yang Sering Diabaikan, Kamu Harus Tau

in
Kenali Penyebab Depresi Yang Sering Diabaikan, Kamu Harus Tau
Kenali Penyebab Depresi Yang Sering Diabaikan, Kamu Harus Tau

Semua orang mengalami depresi, dan semua orang juga tau apa itu depresi.

Depresi sebenarnya berbeda dengan perasaan tidak bahagia yang biasanya berlangsung sementara. Namun, banyak orang yang salah mengartikan depresi dan menganggapnya sama dengan rasa sedih biasa, sehingga tak jarang penyakit depresi dianggap sebagai penyakit sepele.

Bahkan, tak jarang muncul pikiran jika hidup sudah tidak ada gunanya lagi. Yang perlu diketahui adalah seseorang yang menglami depresi tidak menandakan ia menjadi orang yang lemah.

Karena, depresi termasuk penyakit yang bisa disembuhkan. Namun apa bila depresi dibiarkan, bisa memicu komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh maupun jiwa pengidap depresi, seperti gangguan kecemasan, gangguan panik, atau fobia sosial, sehingga tak jarang banyak orang depresi bunuh diri.

Kenali penyebab depresi yang akan dijelas di bawah ini.

Mengalami Trauma

Seseorang yang mengalami peristiwa traumatis seperti penyiksaan atau pelecehan, kematian seseorang, masalah dalam hubungan (perniakahan, keluarga, persahabatan, percintaan, dan rekan kerja), serta kesulitan ekonomi bisa menjadi penyebab depresi.

Memiliki Riwayat Penyakit

Tak jarang penyakit depresi akibat reaksi terhadap suatu penyakit yang sedang diidap, seperti mengalami cedera kepala dan gangguan hormon tiroid. Orang yang mengidap penyakit kronis dan mengancam nyawa seperti HIV/AIDS, penyakit jantung konorer, diabetes, atau kanker juga bisa menjadi penyebab depresi.

Memiliki Kepribadian Tertentu

Bila kamu merasa rendah diri, terlalu keras dalam menilai diri sendiri, pesimis, atau terlalu bergantung kepada orang lain, secara tidak langsung bisa meningkatkan resiko untuk mengalami depresi.

Ketergantungan Alkohol dan Narkoba

Ternyata, orang yang sering konsumsi alkohol dan narkoba bisa menjadi penyebab depresi. Biasanya orang yang sering konsumsi alkohol dan narkoba sedang berusaha melarikan diri dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu seperti obat tidur dan obat hipertensi bisa meningkatkan resiko seseorang mengidap seseorang.

Itulah penyebab depresi yang sering diabaikan, bila kamu mengalami permasalahan yang berat dan membuatmu depresi, usahakan untuk konseling ke psikolog atau curhat ke orang kamu percaya, itu membantu meredam depresi dan pikiran burukmu.