Mendengarkan Musik Sambil Belajar

in
Apakah Benar Musik Dapat Mempertajam Daya Ingat Ini Kata Peneliti
Credit Picture: Hello Sehat

Pernahkah kamu belajar sambil mendengarkan musik? Ada sebagian orang yang justru bisa fokus belajar sambil mendengarkan musik, namun sebagian justru ada yang harus suasana hening dan sepi agar bisa konsentrasi dalam belajar.

Lalu, apakah boleh belajar sambil mendengarkan musik?

Manfaat mendengarkan musik

Dahulu, ada pendapat yang mengatakan jika mendengarkan musik klasik karya Mozart, mampu membuat anak-anak menjadi lebih pintar. Karena saat itu anak-anak yang menjadi pendengar musik klasik Mozart mendapat nilai ujian yang baik.

Penelitian saat itu memeprcayai bahwa musik klasik Mozart mampu menstimulus bagian otak yang memiliki peran dalam matematis. Namun penelitian di masa selanjutnya menunjukkan bahwa pendengar musik klasik Mozart mendapatkan nilai yang bagus saat ujian bukan karena otaknya terstimulus oleh musik klasik tersebut.

Mendengarkan musik dapat membantu memperbaiki suasana hati, nah penelitian ini menunjukan bahwa efek peningkatan nilai saat ujian oleh para pendengar musik klasik Mozart itu karena musik yang membuat suasana hati mereka lebih baik.

Saat suasana hati baik, artinya seseorang akan lebih berkeinginan untuk melakukan sebuah tugas, sehingga hasilnya akan lebih optimal.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tips Sederhana Mengatasi Rasa Malas Saat Membaca Buku

Pada tahun 1990-an terdapat riset yang mengatakan anak-anak yang mendengarkan lagu dari band pop Inggris, Blur mampu mengerjakan ujian dengan baik. Bahkan dampaknya lebih besar ketika mendengarkan musik klasik Mozart.

Apakah musik bisa mengaluhkan fokus?

Saat kita sedang belajar, otak kita menggunakan working memory. Memori ini bertugas memperbaruhi atau mengubah informasi di otak, selain itu memori ini bisa menyimpan informasi.

Memori kerja akan menurun kinerjanya ketika ada musik di latar belakang, terlebih lagu yang memiliki suara vokal. Hal ini menyebabkan pemahaman membaca seseorang menurun ketika mendengar suara musik dengan lirik.

Orang dengan kepribadian introvert biasanya akan lebih mudah terstimulus, oleh karena itu musik lebih mungkin akan mengganggu fokus belajar mereka, dibandingkan dengan mereka yang ekstrovert.

Bagaimana dengan mendengarkan musik saat belajar?

Jika dengan mendengarkan musik, suasana hatimu menjadi lebih baik saat belajar, maka lakukanlah. Sebaiknya dengarkan musik yang tidak memiliki tempo terlalu cepat dan keras, dan memiliki lirik yang sedikit atau bahkan cobalah untuk mendegarkan musik instrumental.

ARTIKEL TERKAIT •
Rekomendasi Film Psikologi yang Mengejutkan Nalar

Namun jika dengan mendengarkan musik, kamu jadi tidak bisa fokus dan konsentrasi saat belajar, sebaiknya jangan dilakukan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini