Penyebab Dan Cara Mengatasi Anak Suka Bertindak Kasar

in
Penyebab Dan Cara Mengatasi Anak Suka Bertindak Kasar
Penyebab Dan Cara Mengatasi Anak Suka Bertindak Kasar

Saat mengetahui anak memukul temannya pasti membuat orang tua bingung, terlebih lagi saat mereka cukup sering melakukan hal ini, bukan? Jangan langsung menyalahkan diri sendiri, orang tua harus pahami penyebabnya dahulu.

Memukul adalah salah satu tanda anak dalam masa pertumbuhan. Di sini, mereka akan menjadi mudah marah dan gelisah. Kemudian, karena belum dapat mengontrol emosi menjadikan anak lebih sering memukul. Bisa jadi, dengan cara memukul ini menandakan mereka sedang mencari perhatian atau melampiaskan emosinya.

Penyebab lainnya karena anak memiliki banyak energi, Ada kalanya saat anak memiliki energi yang berlebihan justru membuat mereka melakukan hal buruk. Contohnya memukul atau melukai orang lain. Ini memang bukan hal yang baik, maka dari itu orang tua harus dapat mengatasi dengan tepat. Oleh sebab itu sebagai orang tua haru dapat memberi tahu dan mendidik sejak dini.

Cara atasi anak suka memukul

Setelah mengetahui penyebab anak suka memukul, sekarang saatnya untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk mengatasi anak suka memukul.

ARTIKEL TERKAIT •
Bimbel Jadi Trend, Tugas Guru Hanya Beri Nilai Rapor?

Bicara baik-baik pada anak

Saat orang tua mulai mengetahui anak suka memukul, coba ajak bicara baik-baik. Sebagai orang tua, papa mama dapat menanyakan apa yang terjadi sebelumnya. Misalnya dengan menanyakan kegiatan di sekolah. Nanti saat anak mulai terbuka pasti akan menceritakan hal-hal yang ia alami.

Menjelaskan bahwa memukul tidak lah baik

Setelah mengajak anak untuk berdiskusi, mama papa juga harus mengingatkan bahwa memukul tidak lah baik. Selain itu menjelaskan hanya akan membuat orang lain merasa kesakitan. Ini memang tidak mudah, namun anak akan mengerti seiring berjalannya waktu.

Jangan memarahi anak

Orang tua harus bedakan antara memarahi dan memberitahu dengan tegas. Saat anak memukul, pastinya dia memiliki alasan. Berikan penjelasan yang tegas agar anak mengerti secara jelas. Kemudian buat aturan yang tegas tentang memukul agar anak tidak mengulangi.

Berikan contoh yang baik pada anak

Sebagai orang tua, mama papa harus selalu memberikan contoh yang baik pada anak. Jangan pernah memukul atau melakukan kekerasan fisik di rumah atau bahkan kepada anak. Jika anak melihat, justru ia akan meniru dan bernggapan itu bukanlah hal yang salah.

Berikan Nilai Untuk Konten ini