Saat Sedang Beraktivitas Di Kamar Mandi, Ide Justru Muncul, Kenapa ya?

in ,
Ide Muncul Saat Mandi
Ide Muncul Saat Mandi | Credit Picture: IDN Times

Terkadang ide terbaik muncul justru ketika kita sedang tidak memikirkannya. Di saat kita sedang mandi atau sedang beristirahat misalnya.

Pasti kalian pernah kan mengalaminya, saat kalian sedang bersantai di dalam kamar mandi, bisa ketika sedang buang air besar bahkan, problem-problem yang seharian suntuk tidak dapat kita dapatkan solusinya justru tiba-tiba kita mendapatkan pencerahan atau jalan keluar.

Jaringan auto-pilot pada otak aktif

Otak4
Ilustrasi otak mode santuy | blog.ruangguru.com

Bahkan bukan hanya itu, ide-ide cemerlang, ide kreatif pun bisa kita dapatkan ketika kita berada pada santuy mode on. Ide-ide akan muncul di waktu itu karena saat melakukan berbagai aktivitas tadi, otak kita tidak melakukan kerja keras seperti biasanya.

Pikiran kita menjadi lebih rileks dan santai di waktu-waktu tadi. Saat-saat seperti itu, otak kita berada dalam mode auto-pilot, yang di mana membuat alam bawah sadarkita terbebas dari segala aktivitas untuk mengerjakan hal lain.

Bagian otak kita yang bernama korteks akan bekerja dengan baik di saat kita sedang rileks atau bersantai. Ketika sedang rileks ada jaringan saraf sadar yang tidak aktif yang justru memicu jaringan semacam auto-pilot kita aktif; yang membuat pikiran kita teralihkan.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Stres Dan Depresi, Kenali Gejalanya!

Sehingga kita tidak akan fokus pada problem yang kita pikirkan, justru karena kefokusan tersebut hilang, ide untuk problem tersebut jadi bisa muncul.

Hormon relaksasi

Otak juga melepaskan senyawa dopamine ketika kita sedang rileks, yaitu senyawa yang membuat kita merasa senang. Hormon dopamine disebut juga hormon pengendali emosi. Jika dilepaskan dalam jumlah yang tepat, suasana hati kita akan meningkat.

Ketika suasana hati bagus, orang akan cenderung lebih santai dan merasa bahagia. Maka dari itu saat pikiran kita teralihkan dari problem atau sesuatu yang ingin kita atasi, kita bisa menemukan ide untuk hal tersebut.

Berikan Nilai Untuk Konten ini