Sering Menggerakan Tangan Saat Berbicara, Ini Penjelasannya!

in ,
Berkomunikasi Dengan Gestur Tubuh
Credit Image: Tanya Asmaraku

Jika kita memperhatikan orang lain saat berbicara, tak jarang mereka turut juga menggerakan tangannya. Bahkan kita sendiri juga demikian, menggerakan tangan ketika kita berbicara.

Menggerakan tangan saat berbicara, menjadi hal yang biasa dan banyak dilakukan oleh sebagian orang. Mulai dari menunjukan sebuah arah, mencotohkan bentuk benda atau konteks yang dibicarakan, atau gerakan lainnya.

Ternyata gerakan tangan saat berbicara muncul secara tidak sadar. Selain itu, gerakan tangan saat berbicara juga memiliki peran penting untuk pikiran dan proses saat berbicara.

Sebagai Ekspresi Dari Pikiran

Gerakan Tangan Saat Berkomunikasi
Gerakan Tangan Saat Berkomunikasi | Kalibbr

Ketika kita menceritakan suatu hal kepada orang lain, misalnya saja kita menceritakan apa yang telah kita alami. Secara tidak sadar, tangan kita akan mencontohkan bentuk atau hal tersebut.

Gerakan tangan ini ternyata membantu ingatan kita dengan lebih efektif. Gerakan tangan saat kita berbicara juga sebagai salah satu tanda bahwa komunikasi kita berjalan dengan baik dan kuat, baik bagi kita sebagai pembicara, atau bagi sang pendengar pembicaraan kita.

Gerakan Tubuh dapat Membantu Memahami Orang Lain

Gerakan tangan atau tubuh lainnya saat kita berbicara, juga bisa membantu orang lain untuk lebih paham dengan apa yang sedang kita bicarakan. Selain itu, menurut penelitian, orang yang suka menggerakan tangan atau tubuhnya saat berbicara merupakan orang yang hangat, bersemangat, dan energik.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Tips Sederhana Agar Berani Berbicara Di Depan Orang Banyak

Dari gerakan yang kita lakukan, akan membantu lawan bicara kita memahami maksud dan apa yang sedang kita pikirkan sebagai konteks bahan pembicaraan yang kita lakukan.

Gerakan Tangan Saat Berbicara Dipengaruhi Oleh Otak

Ada sebuah bagian otak yang bernama broca yang menjadi penyebab kita berbicara sambil menggerakan tangan kita. bagian otak ini terhubung dengan kata-kata yang kita ucapkan, dan membuat tangan atau bagian tubuh kita yang lain ikut aktif bergerak.

Gerakan tangan saat berbicara juga dapat menguatkan pikiran kita, membantu pikiran kita menjadi lebih jernih, sehingga kita bisa menggunakan kalimat yang lebih teratur saat berbicara.

Berfungsi sebagai Bahasa Kedua

Gerakan tubuh saat kita berbicara bisa membantu kita menambahkan informasi yang tak ada dalam kata-kata yang kita ucapkan. Artinya, gerakan tubuh saat kita berbicara berfungsi sebagai bahasa kedua.

Kita bisa menjelaskan suatu hal lebih baik kepada orang lain dengan menambahkan gerakan tangan atau tubuh. Dengan begitu, apa yang kita bicarakan atau jelaskan, lebih mudah dipahami oleh lawan bicara kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Dikenal Sebagai Penyebab Penyakit, Ini Perbedaan Bakteri Dan Virus

Berikan Nilai Untuk Konten ini