Terlalu Cemas dan Khawatir Bisa Munculkan Banyak Penyakit

in , ,
Credit Image: pendidikankarakter.com

Perasaan cemas atau khawatir merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap manusia. Seorang penulis buku dengan judul “End of Stress” bernama Don Joseph Goeway memberikan riset terkait prosentase rasa khawatir yang orang alami.

Menurut riset Don Joseph, 85% apa yang dikhawatirkan oleh kebanyakan orang, justru tidak terjadi. Dari 15% yang terjadi, bahkan 79% nya dapat diatasi dengan baik dan memberikan pelajaran yang berguna.

Rasa cemas dan khawatir yang terlalu berlebihan, dapat menimbulkan beberapa penyakit. Sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Berikut ulasannya!

1. Mengganggu sistem saraf

Sistem Saraf
Sistem Saraf | Paulipu

Neuron (sel saraf), dan tulang belakang merupakan komponen pembentuk dari sistem saraf. Melalui sistem saraf, semua aktivitas yang terjadi di luar tubuh akan berdampak pada otak juga.

Rasa khawatir yang berlebihan akan menimbulkan dampak pada kadar gula darah. Karena hal tersebutlah sistem saraf dapat terganggu dan berefek buruk.

2. Nyeri Otot

Nyeri Otot
Nyeri Otot | KlikDokter

Salah satu ketegangan pada otot, dapat disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon stres kortisol. Hormon tersebut muncul akibat rasa khawatir. Jika rasa cemas kita berlebihan, maka produksi hormon stres kortisol akan lebih banyak.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Kita Tidak Boleh Mandi Saat Cacar Air?

Hal tersebut akan berdampak pada otot kita, sehingga akan menimbulkan beberapa penyakit seperti sakit punggung, pusing, dan yang lainnya.

3. Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung 1
Kesehatan Jantung | KlikDokter

Hal yang sama pun berlaku juga bagi jantung. Rasa khawatir yang berlebih, akan meningkatkan produksi hormon stres kortisol.

Selain dapat membuat nyeri otot, kelebihan hormon stres kortisol akibat rasa khawatir yang berkepanjangan juga bisa memicu pembengkakan pada pembuluh darah pada jantung.

4. Banyak Penyakit

Rentan Sakit
Rentan Sakit | PFI Mega Life

Gangguan tidur juga bisa disebabkan oleh rasa khawatir yang berlebihan. Kita akan sulit memenjamkan mata ketika kita terlalu khawatir terhadap sesuatu.

Hal ini, dapat menyebabkan kenaikan gula darah dan produksi hormon menjadi tidak seimbang. Sehingga pemicu berbagai penyakit akan terjadi, seperti sakit ginjal, diabetes, bahkan resiko terkena stroke.

5. Pencernaan

Gangguan Pencernaan
Gangguan Pencernaan | KlikDokter

Kerja pencernaan dalam tubuh juga dipengaruhi oleh sistem saraf. Sistem saraf yang terganggu akibat rasa khawatir yang berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan kita.

Tak sedikit orang yang merasa mulas ketika merasa cemas dan khawatir. Selain itu, sirkulasi darah dalam tubuh juga bisa dipengaruhi oleh rasa khawatir yang berlebihan.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Jenis Masker Mulut yang Perlu Kamu Ketahui

Ternyata, kunci untuk mengatasi apa yang kita kahwatirkan ialah dengan menghirup napas dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan melalui mulut. Dengan begini, kita akan lebih tenang dan dapat berpikir jernih.

Berikan Nilai Untuk Konten ini