Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami?

in ,
Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami?
Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami?

Pernikahan merupakan ikatan antara satu lelaki dan satu perempuan, yang didasari oleh rasa cinta dan keinginan untuk menghabiskan hidup bersama dalam ketaatan beribadah kepada Allah untuk selamanya, baik dalam suka maupun duka.

Dalam pernikahan juga terdapat yang namanya poligami, yang merupakan istilah umum untuk menyebut pernikahan yang terdiri dari satu suami dan lebih dari satu istri. 

Mari kenali syarat poligami dalam Islam

Suami Istri Poligami 1280x720 1
Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami? |ruangmuslimah

Poligami yang paling umum ditemui adalah lelaki yang beristri lebih dari satu dalam satu waktu. Berulang kali dihubungkan dengan agama Islam, disebutkan di dalam Al-qur’an dan hadis.

Bahwa beristri lebih dari satu memang diperbolehkan bagi lelaki yang memenuhi syarat tertentu. Ini merupakan salah satu syarat bagi seorang lelaki yang ingin menjalankan poligami. Yaitu harus mampu berlaku adil pada istri mengenai pembagian waktu, harta, dan perhatian.

Sebagian orang memandang indah berpoligami, sementara sebagian lainnya menilai bahwa poligami itu menyakitkan terutama bagi sang istri

Poigamisah
Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami? |kabar24.bisnis

Tidak sedikit wanita yang menerima diberlakukannya syariat poligami, yang menurut pandangan mereka merupakan jalan untuk menggapai surga Allah dikarenakan ketaatan pada suami nya dan hukum Allah. Tentunya disertai dengan jaminan keadilan bahwa suami tetap akan menjalankan berbagai kewajiban kepada nya walaupun memilki istri lebih dari satu wanita.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Menghadapi Suami Pelit, Istri Wajib Tahu!

Sebagian perempuan juga tidak siap untuk dipoligami, ini disebabkan karena alasan keadilan, wanita tersebut takut jika suaminya tidak mampu bersikap adil dalam membagi nafkah lahir dan batin sehingga menyakitkan hatinya.

Apakah isteri boleh menolak poligami dalam Islam?

Muslimah Hijab Jilbab Hitam
Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami? |islampos

Kita semua tahu bahwa para suami Muslim boleh menikah dengan satu sampai empat isteri.

“Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.” [An-Nisaa’/4: 3].

Wanita wajib menerima syariat poligami dalam islam, wanita yang menolak poligami dalam islam termasuk melakukan perbuatan dosa. Bahkan jika wanita tersebut meminta cerai kepada suaminya padahal suaminya mampu untuk berlaku adil dan melaksanakan segala kewajibannya, wanita tersebut tetap mendapat dosa, hukum istri melawan suami menurut islam karena adanya poligami juga bisa berujung dosa, dengan catatan suami memang mampu “Wanita mana saja yang meminta cerai kepada suaminya tnpa alasan yang dibenarkan syariat maka haram baginya wangi surga”. (HR Tirmidzi).

ARTIKEL TERKAIT •
Keutamaan Lelaki Sholat Berjamaah di Masjid dan Sholatnya Perempuan di Rumah

Namun, bagaimana kalau ada isteri yang tidak mau suaminya menikah lagi, Apakah dia boleh melarang suaminya?

Wanita Iddah 1068x676 1
Dosakah Jika Seorang Istri Menolak Poligami? |bincangsyariah

Sebagian istri, memiliki alasan karena kecemburuan. Maka hal itu sangatlah wajar, sebab naluri sebagai seorang wanita memang diciptakan demikian.

Kamu harus bisa meyakinkan kepada istri pertama Anda bahwa Anda mampu menjalankannya, terutama dalam pembagian hak dan kewajibannya.

Jika istri menolak untuk dipoligami. Maka sebagai suami kamu harus ikhlas menerimanya, mungkin karena istri menilai bahwa kamu belum cukup mampu dan adil dalam menjalankannya.


Semoga niat suami yang hendak berpoligami benar-benar lurus karena Allah  Waallahu’alam. Baca juga Ciri-ciri Suami Mau Berpoligami, Kenali Prilakunya(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini