5 Bahasa Asing Selain Inggris Yang Wajib Kita Kuasai

in , ,
Bahasa asing wajib kuasai

Selain Bahasa Inggris, faktanya 5 Bahasa Asing ini, wajib banget untuk kita kuasai loh.

Katakanlah kamu sudah merasa jago dalam bahasa Inggris. Kamu bisa nulis atau bahkan ngomong (conversation) dengan menggunakan bahasa internasional tersebut.

Oke jago deh. Tapi faktanya untuk ukuran tahun 2020 ini, bisa Bahasa Inggris saja itu gak cukup. Karena selain banyak perusahaan non Amerika atau Inggris sukses dalam negeri kita, juga yang bisa atau jago Bahasa Inggris udah banyak banget.

Bahkan nih, individu yang profesinya atau tingkat pendidikannya gak tinggi-tinggi banget, saat ini sudah banyak juga yang bisa Bahasa Inggris (terlepas level-nya, “Little-little I can”).

Berdasarkan fakta tersebut, maka gak heran kalau banyak perusahaan dalam negeri kita yang saat ini ber-ekspektasi bahkan beberapa, menwajibkan untuk bisa bahasa asing selain Inggris.

Nah bagi kebanyakan dari kita, mungkin masih merasa super bingung dengan bahasa-bahasa asing mana saja yang juga wajib kita kuasai. Well, gak usah bingung-bingung lagi. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara Asyik & Fun Untuk Belajar Bahasa Inggris

5. Bahasa Arab

Bahasa asing wajib kuasai
Raja Salman | Dunia Tempo

Selain karena fakta bahwa mayoritas penduduk Indonesia muslim dan muslimin, faktor lain kenapa kita harus belajar Bahasa Arab, adalah karena masih pesatnya sektor perminyakan dan pariwisata negara-negara timur tengah sana.

Jadi bagi kita yang mungkin tertarik untuk bekerja dalam 2 sektor perusahaan tersebut (baca: yang punya perusahaan adalah negara timur tengah), maka perusahaannya sangat menwajibkan kita untuk bisa bahasa Arab.

4. Bahasa Jerman

Bahasa Asing wajib kuasai
Gadis Jerman | DW

Kalau kita perhatikan, beberapa SMP atau SMA Indonesia (terutama yang kelas elit), menyertakan Bahasa Jerman dalam kurikulum mereka atau setidaknya, ekstrakulikuler.

Awalnya kita mungkin merasa aneh sendiri. Dari semua negara yang bahas ibunya bukan Bahasa Inggris, kenapa Bahasa Jerman yang mereka pilih? Selain lebih mudah dalam pelafalan, juga seperti kita tahu, cukup banyak perusahaan Jerman di negeri kita.

3. Bahasa Korea

Bahasa Asing wajib kuasai
BTS | Variety

Walau dalam segi bisnis Jepang masih jauh mendominasi. Namun dengan booming-nya budaya pop (pop culture) Korea saat ini, gak memungkiri skill berbahasa Korea harus banget kita miliki.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini Alasan Mengapa Bahasa Inggris Dijadikan Sebagai Bahasa Internasional

Bahkan kalau kita lihat dalam beberapa tahun terakhir, banyak banget orang-orang (terutama yang cewek-cewek) bela-belain mengahbiskan uang mereka untuk kursus Bahasa Korea. Pokoknya bagi fans bahasa asing tang wajib dikuasai banget.

Tapi ya memang, selain karena faktor tersebut, faktor lain juga karena sudah kian banyaknya perusahaan Korea yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu cabang dari perusahaan mereka.

2. Bahasa Jepang

A0001921 Main
Orang Jepang | Live Japan

Rasanya gak usah panjang lebar menjelaskan poin ini. Karena gue yakin kalian semua juga pasti tahu alasannya bukan? Sejak dulu, banyak banget perusahaan (terutama otomotif) asal negeri sakura di negeri kita.

Oh ya satu lagi, perusahaan teknologi sehari-hari yang kita gunakan pun, banyak berasal dari Jepang bukan?

Dan yang paling gampang, media hiburan anime sudah dan masih mendominasi. Jadi apalagi alasanmu untuk gak mau belajar Bahasa Jepang?

1. Bahasa Mandarin

Xia Li1
Xia Li | Online World of Wrestling

Keempat bahasa asing sebelumnya memang penting banget. Tapi ya let’s face it, adalah bahasa dari negera Cina inilah yang kini sebagai “Bahasa Inggris kedua”.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Forest, Woods, dan Jungle

Dan faktanya, kini banyak perusahaan yang mewajibkan pelamarnya untuk bisa berbahasa mandarin. Hal ini karena memang lingkup komunikasi bisinis saat ini sebagian besra menggunakan bahasa ini.

Jadi kalau kamu kini mind-set nya masih “Bahsa Inggris adalah yang nomor satu”, tolong rubah deh demi kemajuan pola pikir dan juga kesejahteraan hidup kita. Nah dari 5 bahasa asing sealin bahasa Inggris ini, yang menurutmu wajib kita kuasai juga

Berikan Nilai Untuk Konten ini