Tips Agar Mata Tidak Pedih Saat Mengiris Bawang Merah

in
Bawang Merah 7
terraversity.net

Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang dipakai dalam berbagai jenis masakan. Aromanya yang sangat khas dan enak bisa membuat makanan menjadi lezat.

Namun, tidak sedikit orang menjadi malas memasak ketika mengupas dan memotong bawang, ini karena mata yang pedih sepeti menagis saat mengiris bawang, hal ini disebabkan karena kandungan enzim propanethial sulphoxide pada bawang. Berikut beberapa cara mengatasi mata pedih saat mengiris bawang.

Mata Sering Pedih Saat mengiris Bawang Merah, Lakukan Cara ini!

Masukkan Bawang ke Dalam Pendingin

Cara yang pertama, masukan terlebih dulu bawang yang telah dikupas ke dalam kulkas atau tempat pendingin lainya.

Atau bisa juga masukan bawang-bawang tersebut ke dalam air es. Diamkan bawang-bawang tersebut selama 10-15 menit sebelum dipotong.

Gunakan Kacamata

Mungkin Ini adalah cara termudah yang bisa dilakukan untuk menghindarkan mata dari udara yang tercampur enzim dari bawang (zat sulfoksida).

Dengan menggunakan kacamata saat memotong bawang, mata tidak akan merasa pedih.

Mengunyah makanan

Cara ini juga dibilang sangat mudah, saat mengiris bawang kamu bisa sambilan menngunyah makanan, yang berupa roti atau permen karet. aktivitas tersebut dapat mengurai rasa pedih dimata. Oleh karena itu, gas yang akan terkena ke mata akan semakin berkurang.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Kerokan Dengan Bawang Merah Bisa Mengatasi Masuk Angin?

Mengiris bawang dalam air

Mengiris bawang di dalam air, cara ini juga mudah untuk dilakukan, pertama kamu bisa memasukan bawang kedalam air kemudian mengiris atau memotongnya. Rendaman air akan melarutkan senyawa sulfoksida dan gas iritan, sehingga rasa pedih tidak akan mengenai mata.

Cara ini kurang direkomendasikan karena kandungan gizi dalam bawang juga akan berkurang akibat larut dalam air.

Gunakan Pisau Tajam

Ketajaman pisau sangat membantu mengurangi risiko mata pedih saat memotong bawang. Ini dikarenakan pisau yang tajam akan mempersingkat kontak antara gas dan mata.

Olesi Pisau dengan Lemon

Olesan air lemon pada pisau, dianggap ampuh untuk menghindari pedih di mata akibat memotong bawang.

Cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan cukup mengolesi sisi pisau yang tajam dengan perasan jeruk lemon, kemudian baru digunakan untuk mengiriskan bawaang merah.

Itulah beberapa cara di atas yang bisa dicoba ketika proses mengupas dan mengiriskan bawang merah, Semoga informasi ini beremanfaat. Selamat memasak!

Itulah beberapa cara mudah untuk menghindari rasa pedih mata saat memotong dan mengiris bawang merah, selamat mencoba.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Kerokan Dengan Bawang Merah Bisa Mengatasi Masuk Angin?

Berikan Nilai Untuk Konten ini