Musim Hujan Telah Tiba, Ketahui 5 Jenis Petir yang Berbahaya Ini

in
Jenis Petir Yang Berbahaya
Jenis Petir Yang Berbahaya

Indonesia sendiri memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Saat musim hujan melanda Indonesia, maka sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur oleh hujan. Datangnya hujan juga identik dengan angin kencang dan petir yang menggelegar. Berbicara tentang petir, ternyata terdapat 5 jenis petir yang sering menghantam langit.

Suara petir tentunya sangat menganggu aktivitas kita sehari-harinya. Terkadang membuat konsentrasi buyar atau membuat kaget. Lantas, apa saja 5 jenis petir tersebut. Berikut telah kami rangkum dari berbagai sumber.

5 Jenis petir berbahaya dan patut diwaspadai

1. Ball Thunder

Jenis Petir Ball Thunder
Foto: dailymail.co.uk

Jenis petir yang pertama bernama Ball Thunder. Serupa dengan namanya, bentuk petir ini adalah bulat yang dikelilingi beberapa lintasan pada pusat petirnya. Tekanan thermodinamik dan tekanan udara yang tinggi adalah pemicu munculnya petir Ball Thunder. Bahkan ketinggian petir ini dapat menyambar gedung-gedung tinggi.

Baca Juga: Apakah Berada Di Dalam Mobil Saat Ada Petir, Berbahaya?

2. Deadly Thunder

Deadly Thunder
Foto: newtimes.co.rw

Dari namanya saja sudah bisa kita tebak, pasti jenis petir Deadly Thunder ini sangat berbahaya dan patut kita waspadai. Petir ini sering menyambar negara Amerika Serikat. Gerakannya yang sangat cepat, membuat sudah banyak korban yang berjatuhan di Amerika Serikat. Bahkan lagi kedatangan petir ini sangat sulit ditebak menurut cuaca.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Berada di Dalam Mobil Saat Ada Petir, Berbahaya?

3. Multiple Striker and Long Exposure

Jenis Petir Multiple Striker And Long Exposure
Foto: Pixabay/Cesar Augusto Ramirez Vallejo

Petir yang satu ini mempunyai lintasan yang banyak dan ukurannya yang amat panjang. Biasanya muncul ketika badai besar menghantam. Terlebih lagi sambaran petir ini bisa sampai menyentuh tanah. Berdasarkan ukuran panjang lintasannya, sudah pasti sering menyambar pohon atau gedung yang tinggi.

Baca Juga: Cara Menghitung Jarak Lokasi Petir Dari Tempat Kita Berada

4. Jenis petir Volcanic Lightning

Volcanoc Lightning
Foto: pinterest, walpapersafari.com

Jenis petir Volcanic Lightning hanya muncul saat terjadi erupsi gunung berapi yang sangat besar. Yang mana material-material seperti partikel debu, batu-batuan, dan partikel lainnya yang keluar ketika erupsi gunung berapi membuat listrik statsi dan saling berbenturan. Sehingga akan menciptakan petir-petir sekitar kawasan gunung berapi.

5. St. Elmo’s Fire

St. Elmos Fire Petir
Foto: astechnic.com

Jenis petir yang berbahaya terakhir adalah St. Elmo’s Fire. Petir ini sudah ada sejak zaman peradaban Yunani kuno. Warnanya yang biru, membuat orang-orang juga menyebutnya Blue Fire. Petir ini dapat muncul ketika terjadinya bencana angin topan yang memuat listrik dan gas yang mempunyai voltase yang tinggi.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Menghitung Jarak Lokasi Petir dari Tempat Kita Berada

Baca Juga: 5 Aktivitas Yang Tidak Boleh Kita Lakukan Sama Sekali Ketika Badai Petir

Nah, itulah 5 petir yang berbahaya dan patut kamu waspadai. Untuk menghindari resiko yang tidak-tidak, saat ada petir, kita jangan melakukan aktivitas-aktivitas yang menantang petir. Seperti bermain handphone, menghindupkan televisi, atau berenang.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.