Perbedaan Cara Minum Ikan Air Tawar dan Ikan Air Asin

in ,
Ikan Hias Air Laut Badut Clownfish
Credit Picture: BisaKali.net

Air sangat penting bagi kehidupan, pada diri kita, sebagai manusia memiliki dorongan hasrat untuk minum ketika haus, agar asupan air dalam tubuh kita terpenuhi.

Begitu pun juga hewan, tak sedikit hewan yang mati akibat tempat tinggal mereka kelangkaan air karena kekeringan. Namun, bagaimana dengan ikan?

Metode minum pada ikan air tawar

Ikan pada umumnya dibagi menjadi dua, yang hidup di laut dan di air tawar. Nah, cara atau metode mereka untuk minum berbeda. Ikan air tawar tidak perlu berusaha keras untuk minum, sebab air akan masuk dengan sendirinya melalui insang yang terserap lewat kulitnya.

Ikan Air Tawar
Ikan Air Tawar | Pinterest

Karena air masuk dengan sendirinya, untuk mengatasi kelebihan cairan pada tubuh, ikan air tawar akan lebih sering pipis. Ikan air tawar juga memiliki lapisan sel klorida pada kulitnya, lapisan ini bertugas untuk mengatur kebutuhan jumlah air agar tidak terlalu banyak diserap oleh tubuh ikan.

Metode minum pada ikan air asin

Sedangkan pada ikan air asin, mereka harus berusaha keras untuk minum. Karena air pada tubuhnya selalu tersedot keluar. Jadi ikan air asin harus banyak minum, jika mereka kekurangan cairan, mereka akan mati. Ginjal dan insang mereka dilengkapi fungsi menyaring garam air laut. Jadi mereka aman meminum air asin tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Oarfish Deteksi Gempa dan Tsunami?
Ikan Tuna
Ikan Tuna | Pinterest

Mereka juga memiliki sel klorida yang bertugas memompa garam keluar dari tubuh mereka.

Kebutuhan minum ikan berbeda dengan makhluk yang hidup di darat. Aktivitas minum mereka diatur oleh proses biologis pasif yang bervariasi tergantung pada apakah mereka hidup di air tawar atau asin. Lebih spesifiknya, proses keluar masuk air pada tubuh ikan disebut juga “osmosis”.

Berikan Nilai Untuk Konten ini