Apa Yang Bisa Kita Lakukan Dengan “Biologi”?

in , , , , ,
Untitled 1

Apakah kamu menikmati kelas biologi, seperti alam, hewan, atau tanaman, memiliki minat dalam bidang kedokteran, atau sekadar merasa ingin tahu tentang makhluk hidup?

Jika begitu, kamu mungkin berpikir untuk fokus belajar Biologi dengan mengambil jurusan biologi. Tetapi mungkin juga memiliki beberapa pertanyaan seputar karir yang ada di Biologi. Seperti, bagaimana rasanya bekerja sebagai ahli biologi profesional? Apakah kamu akan menghabiskan banyak waktu di laboratorium, atau mengunjung melalui hutan-hutan tropis? Apakah kamu dapat mencari nafkah, dan apakah pekerjaan kamu akan membantu orang lain dan membuat perbedaan di dunia ini?

Jawabannya sangat bergantung pada apa yang kamu inginkan dengan keahlian biologi yang kamu punya! Latar belakang biologi dapat menjadi pintu gerbang menuju banyak karir yang berbeda, termasuk berbagai bidang penelitian (seperti biomedis dan ekologi) serta banyak karir non-penelitian, seperti mengajar, sains sosial, dan kebijakan publik.

Pada artikel ini saya akan mengajak kita melakukan beberapa eksplorasi, melihat contoh karier dalam biologi dan memahami berapa banyak hal berbeda yang dapat kamu lakukan dengan Biologi!

Biologi membuka banyak peluang

Biologi sendiri merupakan bidang yang sangat luas, ahli biologi mempelajari kehidupan pada skala dari molekul tunggal lalu seluruh organism hingga seluruh ekosistem. Karir yang tersedia untuk ahli biologi bahkan lebih luas! Ahli biologi dapat bekerja di semua bidang penelitian yang berbeda, seperti kesehatan dan kedokteran, pelestarian lingkungan, pendidikan, dan beragam bidang lainnya.

Beberapa contoh karir yang dapat dibantu oleh biologi termasuk:

  • Dokter, perawat, asisten dokter, konselor genetik
  • Ahli ekologi konservasi, penganjur lingkungan
  • Peneliti laboratorium atau lapangan di universitas atau lembaga
  • Penulis sains (lepas, atau sebagai bagian dari perusahaan atau nirlaba)
  • Peneliti pengembangan obat, insinyur perangkat biomedis
  • Ilmuwan pangan atau ahli pertanian
  • Guru, profesor, koordinator penjangkauan
  • Penasihat kebijakan sains untuk pemerintah atau pejabat terpilih

List di atas hanya contoh kecil dari banyak peluang!

Saya sangat tertarik dengan [karier X]! Apa yang harus saya lakukan?

Jika salah satu karier di atas membuatmu tertarik, pasti ada beberapa langkah selanjutnya yang dapat kamu ambil! Berikut adalah beberapa saran agar Anda kamu dapat mempelajari hal yang kamu inginkan lebih dalam

  • Cobalah untuk terhubung dengan orang-orang dalam karir yang kamu minati. Kemungkinan ada beberapa orang di sekitar kamu yang bekerja dalam bidang yang sama.
  • Mengirimkan email atau pesan pada orang-orang tersebut. Memperkenalkan diri, dan menanyakan apakah kamu dapat mengobrol dengan mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang pekerjaan mereka.
  • Kamu bahkan dapat bertanya apakah mereka bersedia membiarkan kamu mengikuti mereka untuk waktu yang singkat, seperti sehari atau seminggu, untuk melihat seperti apa pekerjaan mereka sebenarnya “di lapangan. “
  • Pastikan untuk bersikap sangat sopan ketika kamu menghubungi mereka, dan pahami bahwa beberapa orang mungkin tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk membantu kamu. Namun, jika kamu terus mencoba, kamu mungkin akan menemukan seseorang yang mau membagikan pengalamannya.

Semoga Sukses!

Apa pun karier yang kamu cari tahu, kunci untuk menemukan pekerjaan yang cocok adalah dengan melakukan penelitian terkait bidang tersebut (berhubungan dengan orang-orang dalam karir tersebut dan benar-benar mencobanya) juga kamu harus jujur dengan diri sendiri tentang apa yang kamu suka dan apa yang tidak kamu suka.

Misalnya, kamu mungkin menetapkan rencana untuk menjadi peneliti biomedis, tetapi kemudian kamu menemukan bahwa kamu tidak suka bekerja dengan tikus atau bahwa kamu lebih suka berada di luar rumah.

Berikan diri kamu izin untuk mencoba berbagai kemungkinan lain. Semakin banyak kamu menjelajah, semakin bagus kecocokan yang akan kamu temukan nantinya!

Tinggalkan Balasan

Advocate

Fiana

CEO Ensiklopedia Bebas, Salah satu Founder Bebaspedia.