Bahaya mengancam dibalik keindahan alam Indonesia

Terasering

Dengan keragaman hayati yang luar biasa, bermacam-macam budaya dan bahasa yang khas, menjadikan Indonesia negeri yang unik dan kaya akan ciri khas.

Keindahan alam yang dimiliki juga sangat mempesona. Gunung-gunung menjulang tuk didaki. Pantai-pantai dengan kecantikannya masing-masing. Hutan asri yang asyik tuk dijelajahi. Sumber daya alam melimpah dan tanah subur siap dimanfaatkan untuk kebaikan penghuninya.

Negri ini karunia berharga tuhan untuk bumi. Negri ini semacam potongan surga yang sengaja tuhan turunkan.

Wonderful Indonesia
ragam keindahan Indonesia sc : genpi.co

Namun dibalik keindahan dan kekayaan alam Indonesia, ada bahaya luar biasa yang mengancam. Berada diantara lempeng-lempeng aktif dunia, sekaligus berada dikawasan cinci api pasifik.

Membuat Indonesia harus siap akan segala marabahaya yang merupakan kehendakalam tersebut, seperti gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi.

CINCIN API
Indonesia yang diliputi oleh cincin api pasifik

Bahaya bencana

Indonesia terletak di pertemuan lempeng Australian dan Eurasian, lempeng Australian yang menyusup ke zona Eurasian sehingga membentuk zona subduksi sepanjang Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Nusa Tenggara, baru kemudian melingkar di Banda.

Sedangkan Irian Jaya adalah tempat bertemunya beberapa lempeng yaitu Australian, Eurasian, Pasific, dan Philipine.

Selain itu, subduksi lempeng juga menyebabkan Indonesia menjadi tuan rumah bagi ratusan gunung berapi, beberapa diantaranya sangat aktif menunjukan aktivitasnya belakangan ini.

Dikelilingi lempeng-lempeng yang bisa saling bertumbukan, menjauh dan bergesekan satu sama lain, juga patahan diantara lempeng yang terus menerus bergerak yang bisa menyebabkan gempa kapanpun. Ditambah gunung api yang siap meletus kapanpun juga, membuat Indonesia menempati ranking 36 dari 171 negara paling rawan bencana.

Lempeng Bumi
Indonesia disebelah kiri, diliputi oleh beberapa lempeng dunia

Negri ini memiliki sejarah panjang dengan bencana, masih segar dalam ingatan gempa yang menimpa pulau lombok dan juga sulawesi yang cukup memakan banyak kerugian materil maupun imateril.

Teringat pula betapa hebatnya gempa dan tsunami yang menghantam pesisir Aceh hingga menelan ratusan ribu korban jiwa. Letusan gunung Merapi 8t ahun silam, dan masih banyak lagi bencana yang menyertai tumbuh berkembangnya negri ini.

Merapi
Rumah yang hancur akibat letusan gunung Merapi pada 2010

Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Bencana hendaknya kita jadikan pelajaran. Belajar menghargai alam, karena kita manusia hanya menumpang tinggal pada alam ini. 

Belajar simpati dan empati pada sesama manusia, karena saat alam mengamuk menunjukan taji-nya,manusia tak dapat berbuat banyak, kita hanya bisa saling menolong, saling mendukung, dan saling menguatkan satu sama lainnya.

Manusia janganlah angkuh dan pongah dihadapan alam. Alam harus kita jaga, alam harus kita rawat, manfaatkanlah saja seperlunya sumber daya alam. Alam ini rumah kita semua, jika tak kita rawat, tak kita jaga.

Lantas siapa lagi yang akan melakukannya….

Unite

Referensi

  • geografi.sobatmateri
  • wikipedia
  • kokbisachannel
0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Contributor

Written by Akmal Maulana