Yuk Cari Tahu Definisi dan Klasifikasi Sebuah Gelombang

Gelombang Transversal Dan Longitudinal

Apa sih itu Gelombang? Dalam fisika, simpelnya, gelombang itu merupakan getaran yang merambat. Coba kamu gerakkan tali naik turun atau slinki, maka gerakan yang terjadi pada tali yang kamu gerakkan, itu lah yang dinamakan dengan “gelombang”. Gelombang ini, bisa berasal dari mana saja. Misalnya, gelombang bunyi yang  berasal dari beragam alat musik, peralatan elektronik, dan bahkan suaramu sendiri.

Batu yang dilemparkan pada air juga merupakan gelombang loh. Jadi efek yang ditimbulkan dari batu tadi itu lah yang dianggap sebagai gelombang. Gelombang mengangkut energi tetapi tidak mengangkut materi dari satu daerah ke daerah lainnya.

Gimana, udah tau kan definisi dari gelombang?

Sekarang, gimana sih pengelompokkan atau pengklasifikasian dari gelombang?

Klasifikasi gelombang ini setidaknya ada 3

1.  menurut ada atau tidaknya medium
2. Menurut arah getar dan rambatnya, serta;
3. Menurut Amplitudonya.

Yuk kita bahas satu persatu.
1) Menurut ada atau tidaknya medium untuk perambatan energinya, gelombang diklasifikasikan menjadi 2, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

a. Gelombang Mekanik

Gelombang Mekanik itu adalah gelombang yang perambatan energinya dari satu tempat ke tempat lain memerlukan suatu zat perantara yang disebut medium. Ketika gelombang tersebut bergerak melalui medium, partikel-partikel yang membentuk medium tadi itu akan mengalami pergeseran yang tergantung dari sifat gelombang tersebut. Contoh gelombang mekanik ini adalah suara. Yep, suara kita, suara binatang, suara ayahmu, ibumu, suara alat elektronik, dll merupakan contoh gelombang mekanik. Cepat rambat suara berbeda-beda tiap mediumnya, semakin rapat/padat partikel-partikel pembentuk medium, maka cepat rambat suara juga akan semakin cepat. Namun, cepat rambat suara di udara adalah sekitar 340 m/s.

b. Gelombang Elektromagnetik (GEM)

Gimana cahaya Matahari bisa sampe ke Bumi? Padahal di luar angkasa sana gak ada apa? Yah, cahaya ini termasuk ke dalam GEM, yang artinya, bisa merambat dari satu tempat ke tempat lain tanpa perantara. Gak hanya cahaya aja, gelombang radio, gelombang micro (microwave), inframerah, spektrum cahaya nampak (Mejikuhibiniu), sinar ultraviolet, sinar x, dan sinar gamma juga termasuk ke dalam GEM. Oh iya, GEM ini juga merupakan salah satu dari 4 gaya fundamental alam semesta, yaitu Gaya Elektromagnetik.

2) Ok, Sekarang klasifikasi menurut arah getar dan arah rambat gelombang. Diklasifikasikan menjadi 2, yaitu gelombang tranversal dan gelombang longitudinal.

a. Gelombang Transversal

Merupakan gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatnya. Jadi maksudnya, arah getarnya ke atas, arah rambatnya ke samping gitu. Kalo belum jelas, bisa dipraktekin dengan tali yang digerakkan naik dan turun, nanti akan terlihat gelombang yang berupa lembah dan puncak.
Satu panjang gelombang, disebut dengan “Lambda” terdiri dari 1 lembah dan 1 puncak. Oh iya, 1 panjang gelombang gak terbatas dari  pernyataan diatas loh. Bisa juga, lembah ke lembah terdekat. Atau dari gunung ke gunung yang terdekat. Contoh dari gelombang transversal ini adalah cahaya, gelombang pada tali, dan gelombang pada air.

b. Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal ini gelombang yang arah getar dan rambatnya itu sejajar gaes.Contohnya adalah gelombang bunyi dan gelombang pada sebuah slinki. Pada gelombang longitudinal terdapat rapatan dan renggangan. Gimana 1 lambda (panjang gelombang) pada gel. Longitudinal? Hampir sama sih, 1 lambda = 1 rapatan & 1 renggangan, atau rapatan ke rapat terdekat berikutnya, dan atau renggangan ke renggangan terdekat berikutnya.

3) Menurut Amplitudonya, menurut Amplitudonya ini diklasifikasikan menjadi 2, yakni gelombang berjalan dan gelombang tegak (Stasioner). Gelombang berjalan, maksudnya gelombang yang amplitudonya tetap, sedangkan gelombang stasioner merupakan gelombang yang amplitudonya berubah-ubah.

Mungkin segini aja pembahasan dasar mengenai definisi & klasfikasi gelombang. Semoga bermanfaat:)

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

0/5 (0 Reviews)

2 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan