Sering Mabuk Perjalanan? Ini Penjelasannya!

in
Mabuk Perjalanan Alodokter

Pernahkah kamu merasa pusing dan mual saat melakukan perjalan jauh? Itu terjadi karena kita memiliki telinga yang peka.  Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, tengah, dan dalam. Telinga luar atau Cuping berfungsi untuk menangkap suara. Kemudian di teruskan ke  telinga bagian tengah dan dalam. Di telinga bagian dalam terdapat alat Keseimbangan.

Apabila kita melakukan perjalanan jauh, seringkali badan kita berguncang karena struktur jalanan yang berlubang-lubang atau jalanan yang berliuk-liuk. Guncangan tersebut membuat alat Keseimbangan kita terganggu. Karena itulah, kita akan merasa pusing, mabuk, mual, dan akhirnya muntah.

Sebenarnya bukan mabuk perjalanan bukan hanya di sebabkan oleh terguncangnya alat Keseimbangan di telinga kita, namun bisa juga karena beberapa faktor lain seperti; aroma parfum kendaraan yang tajam, bau asap kendaraan, ataupun karena tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh.

Mabuk perjalanan bukan hanya untuk perjalanan kendaraan darat atau bermotor saja, namun kendaraan laut dan udara juga bisa menyebabkan alat Keseimbangan pada telinga terguncang. Misalnya saja pada saat pesawat akan take off maka alat Keseimbangan pada telinga akan mengalami perubahan tekanan, begitupun ketika naik kendaraan laut, ombak yang mendebur menabrak kapal akan membuat kapal bergoyang dan membuat alat Keseimbangan pada telinga terguncang.

Para Supir, Masinis, Pilot, ataupun Nahkoda, sudah terbiasa naik kendaraan, sehingga alat Keseimbangan pada telinganya sudah terbiasa dengan guncangan dan perbedaan tekanan.

Tips untuk menghindari mabuk perjalanan:

  • Kalau kamu naik kapal laut, pandanglah sesuatu yang jauh. Mengapa? Supaya tidak mabuk, jangan melihat permukaan laut.
  • Jangan makan makanan berat saat hendak melakukan perjalanan jauh.
  • Tidur cukup sebelum melakukan perjalanan jauh.
  • Biasakan mengunyah permen atau minuman manis saat sementara perjalanan, ataupun pada saat pesawat akan take off dan landing.
  • Hindari penggunaan parfum kendaraan yang berbau tajam.
  • Gunakan parfum kendaraan yang berbau “slowly” seperti CoffeAromatic, atau GreenteaAromatic.
  • Cek secara berkala kendaraan anda, misalnya mengganti Oli-nya agar nantinya tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan