Mengenal lebih jauh tentang "Zona Habitat" pada sistem Tata Surya

in ,
FB IMG 15526907934780094

Apa yang kamu pikirkan jika terlintas dibenak pikiran kata “Planet”?

Pastinya kamu akan langsung berpikir Bumi, Mars, Venus, Jupiter dan planet lainnya yang ada di tata surya kita. Tapi tahukah kamu bahwa susunan planet tersebut tersusun pada zona yang berbeda-beda?

Kita beruntung bisa hidup di salah satu planet yang dimana kondisinya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin atau bisa di sebut juga dengan kondisi yang stabil.

Begitu juga kondisi planet tetangga kita yaitu Mars, si planet terdekat bumi. Dia juga menempati posisi yang aman atau bisa di sebut Zona Layak Huni / Zona Habitat. Namun sayang karna atmosfer yang terlalu tipis menjadikan planet mars sebagai planet yang tidak dapat di huni karna sinar ultraviolet Matahari terus menembus daratan Mars.


Zona layak huni adalah zona dimana sebuah planet yang menempati zona tersebut bisa di tinggali

Perlu kamu ketahui bahwa Tata Surya dibagi menjadi 3 sisi zona, yaitu Zona terlalu Panas, Zona Habitat, Zona terlalu Dingin. Dengan menempati Zona Layak Huni, sebuah planet akan terasa sejuk dan ber air karna zona tersebut memungkinkan adanya air.

Berbeda dengan keadaan 3,8 milyar tahun lalu, dimana Venus, Bumi dan Mars menempati Zona Layak Huni. 2 planet tetangga kita tersebut dulunya juga memiliki air dan berhawa sejuk, namun karna kondisi matahari yang semakin membesar hanya bumi yang masih bisa mempertahankan kondisi airnya.

Diketahui Venus dan Mars kehilangan air karna atmosfer yang terlalu tipis sehingga air di dalamnya tidak dapat bertahan.


Matahari menuju fase Red Giant

Nah berbeda dengan kondisi Tata Surya pada 5 milyar tahun yang akan datang, dimana Matahari akan menjadi Bintang jenis Red Giant, dimana nanti pada puncaknya matahari akan menabrak Merkurius, Venus dan bumi.

Mars masih akan selamat karna ukuran matahari akan hanya sampai orbit bumi. Pada saat itu pula Planet Pluto akan memiliki air karna Pluto akan menempati Zona Layak Huni pada saat itu. Mungkin juga kehidupan di bumi akan ber-akhir di masa itu. Tapi untungnya masih ada waktu 5 milyar tahun lagi ya guys.

Terima kasih buat kamu yang telah membaca sampai habis artikel ini.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan