Perbedaan Heliosfer, Heliopause, dan Heliosheath

750px Solarmap

Halo sobat EBID….

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang astronomi.
Apa perbedaan Heliosfer, Heliopause, dan Hdliosheath.

1. Heliofer = Gelembung

Heliofer adalah sebuah gelembung di tatasurya kita yang yang dikeluarkan dan dilepaskan ke medium antarbintang (gas hidrogen dan helium yang menyelubungi galaksi) oleh angin surya. Hampir semua bahan atau partikel dari Heliosfer ini hanya berasal dari Matahari. Heliosfer bertindak sebagai pelindung tata surya dari segala bentuk ancaman atau dampak dari ruang antar bintang saat tata surya kita mengelilingi galaksi Bimasakti.
Pada radius sepuluh miliar kilometer yang pertama, angin surya bergerak pada kecepatan sekitar satu juta kilometer per jam. Saat mulai berkolisi dengan medium antarbintang, angin surya mengalami perlambatan sampai akhirnya berhenti sama sekali. Titik di mana angin surya mengalami perlambatan dinamai termination shock, titik di mana medium antarbintang berbalik arah, dan mengalami perlambatan saat bertabrakan dengan heliosfer disebut bow shock.

2. Heliopause = Titik medium dan tekanan adalah sama

~Heliopause merupakan titik dimana medium antar bintang dan tekanan dari solar wind (angin surya) adalah sama. Atau bisa juga didefinisikan sebagai permukaan luar heliosheath, di mana heliosfer bertemu dengan medium antarbintang. Heliopause menimbulkan turbulent pada medium antarbintang seiring matahari mengorbit pusat galaksi.

3. Heliosheath = Zona antar gelombang

Heliosheath adalah zona antara gelombang kejut(termination shock) dan heliopause di perbatasan luar tata surya. Zona ini berada di sepanjang pinggiran heliosfer. Jaraknya diperkirakan sekitar 80 hingga 100unit astronomi (AU) dari matahari.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

5/5 (1 Review)

Tinggalkan Balasan