Inilah 6 Kejadian People Power Di Seluruh Dunia, Ternyata Indonesia Pernah Juga Loh!

in
People Power Min

Istilah People Power seketika populer di telinga masyarakat setelah digaungkan oleh salah satu kubu paslon Nah, ternyata people power juga pernah dilakukan oleh negara lain. Mau tau negara mana aja yang pernah menggunakan people power?

Tapi, sebelumnya mimin mau kasih tau apa itu definisi dari people power?

Penggulingan kekuasaan Presiden secara paksa melalui aksi demonstrasi rakyat. Seluruh rakyat turun ke jalan agar Presiden meletakkan jabatannya karena dinilai telah melanggar konstitusi atau melakukan penyim-pangan“.

Definisi People Power

Gampangnya, people power digunakan untuk menggulingkan Presiden dari jabatannya karena kejahatan, pelanggaran atau penyimpangan yang besar oleh seorang Presiden.

Biasanya, massa yang muncul ini banyak dan hampir mewakili seluruh masyarakat yang ada di suatu negara.

6 Kejadian People Power Di Seluruh Dunia


1.Reformasi Indonesia tahun 1998.

Revolusi Indonesia

Indoesia ternyata pernah melakukan tindakan people power kala menggulingkan pemerintahan Soeharto. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta krisis moneter menjadi penyebab mengapa sebagian besar masyarakat Indonesia kala itu menuntut Presiden Soeharto untuk turun dari jabatannya.

Demo ini dinisiasi oleh mahasiswa yang kemudian diikuti oleh rakyat yang berhasil membuat Soeharto mengundurkan dari jabatannya setelah 32 tahun berkuasa.

2.Revolusi Beludru Cekoslovakia tahun 1989.


Revolusi Ceko

People power juga pernah terjadi di negara Cekoslovakia pada tahun 1989. Mereka melakukan people power untuk menentang pemerintah komunis kala itu. Sayangnya, mereka akhirnya harus terpecah menjadi dua negara yaitu Ceko dan Slovakia.

3.  Revolusi Saffron Myanmar


Revolusi Safron Min

Revolusi Saffron Myanmar pada tahun 2007 disebabkan oleh pemerintah militer yang anti-demokrasi. Puncaknya pada saat pemerintah menghapus subsidi BBM pada tahun 15 Agustus 2007.

Kala itu pemerintah menaikkan harga BBM hingga 66 persen. Hal ini menyebabkak efek domino, dimana harga barang lainnya juga ikut naik bahkan sampai 500 persen.

Hal ini membuat masyarakat Myanmar melalukakan people power. Aksi ini awalnya diinisiasi oleh masyarkat dan aktivis yang diikuti oleh biksu.

4.People Power Rakyat Filiphina


Revolusi Filiphina Min

Dugaan praktik KKN yang dilakukan presiden Ferdinand Marcos. Ia terbukti melakukan kecurangan saat pemilu dengan mengganti 30 orang anggota KPU dengan 30 orang pilihannya yang telah ia suap.

Selain itu, ia juga terbukti membunuh aktivis bernama Benigno. Nah, akibat pelanggaran berat yang telah dilakukan sang Presiden, Maka, rakyat bersama Corazon Aquino melakukan people power untuk menggulingkan presiden.

5.Arab Spring


Arab Spring

Arab Spring (Revolusi Arab) merupakan gerakan people power yang dilakukan rakyat di negara-negara di jazirah arab. Hal ini disebabkan beberapa permasalahannya seperti KKN, kesewenang-wenangan penguasa, krisis ekonomi, kehidupan sulit, dan pemilu yang dianggap tidak fair

Gerakan ini terjadi di empat negara yaitu Tunisia, Mesir, Libya, dan Yaman.

6.Revolusi Bulldozer Serbia


Revolusi Serbia Min

Revolusi Bulldozer Serbia terjadi pada tahun 2000. Aksi people power ini terjadi setelah pemilihan presiden Slobodan Milosevic. Dan akhirnya, aksi people power tersebut mampu menggulingkan rezim Slobodan Milosevic.

Uniknya, para demonstran menggunakan Bulldozer dalam aksinya.

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Mentor

Channabeck Sutansyah

Editor in Chief di Bebaspedia. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.