Apa Itu RT/RW Net? Simak Sejarah dan Penjelasan Lengkapnya Berikut ini!

in

Untuk para pegiat teknologi internet anda pasti pernah mendengar RT RW Net. Buat orang yang awam pasti berfikir internet juga memiliki RT dan RW.

Sebenar nya kata RT dan RW hanyalah istilah yang di pakai oleh para mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang (UMM) pada tahun 1996 yang menyambungkan jaringan internet tempat kos mereka ke kampus UMM yang sudah terkoneksi jaringan AI3 indonesia melalui global net di malang dengan internet gateway ITB.

Sambungan internet di kos-kos an mereka di lakukan menggunakan walkie talkie di VHF band 2m pada kecepatan 1200bps. mereka menamai ini secara bercanda dengan sebutan jaringan mereka RT RW Net. di karenakan mereka juga menyambungkan ke beberapa rumah sekitar kos an mereka.

Sebelum itu apa anda sudah mengetahui definisi dari RT/RWNet ?
Saya sendiri baru mengenal kata RT/RWNet kurang lebih 1 tahun, buat anda yang belum mengetahui anda bisa membaca definisi nya di bawah ini.

RT/RWNet merupakan jaringan komputer skala kecil yang bisa digunakan melalui kabel atau di perluas dengan nirkabel wireless 2.4 GHz

Konsep yang di pakai RT/RWNet ?
Sebenar nya konsep yang di pakai RT/RWNet tidak beda jauh dengan konsep warung internet (warnet). biasa nya penyedia RT/RWNet akan berlangganan atau menyewa bandwith seperti telkom, indosat dan sebagai nya. yang membedakan nya dengan warnet pelanggan nya adalah rumahan bukan perorangan atau dalam jangkauan RT/RWNet.

Jika anda bertanya apakah layanan RT/RWNet mahal ? jawaban nya salah karena jaringan RT/RWNet murah misalkan anda berlangganan jaringan indihome 10mbps dengan harga 315rb/bulan lalu kita membuka jasa layanan RT/RWNet misalkan kita membuka slot hanyak untuk 10 pengguna, maka setiap bulan si pengguna hanya cukup membayar 31.500rb untuk harga segitu cukuplah murah tentu internet bisa di pakai 24jam yang lebih keren nya.

Tujuan ada nya RT/RWNet…
untuk tujuan singkat nya sendiri ikut serta dalam pembangunan internet murah di dalam masyarakat dan ada nya RT/RWNet serta membangun komunitas yang ingin mencoba RT/RWNet.

Topologi dalam membangun RT/RWNet
topologi yang di gunakan dalam RT/RWNet :

Sumber koneksi internet > Modem > Server > Pemancar Wifi > Antena > Client

Kelebihan RT/RWNet antara lain : 

  • tinggi minat masyarat untuk layanan internet murah
  • mudah untuk di akses 
  • bisa memperketat persaudaraan antar tetangga
  • biaya membangun nya relatif lebih murah

Kekurangan RT/RWNet antara lain :  

  • sumber koneksi ( wifi ) mudah sekali di susupi hacker untuk mencuri password pengguna wifi
  • komplain akan kecepatan koneksi internet

Ada nya RT/RWNet tentu nya sangat membantu buat orang yang sedang mencari internet murah dan anda pun bisa membuka layanan RT/RWNet yang memperkecil angka pengangguran di indonesia.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Bagikan Jika Kamu Suka