Mengenal Sejarah Singkat Tentang Uni Soviet Dari Mulai Terbentuk Hingga Pembubarannya

in ,
Bolshevik Revolution Painting JOZ USE THIS ONE

Uni Soviet atau Republik Sosialis Uni Soviet adalah negara sosialis yang pernah ada antara tahun 1922–1991 di Eurasia.

Uni Soviet menganut sistem politik satu partai yang dipegang oleh Partai Komunis hingga 1990.

2
Bendera Uni Soviet yang digunakan sejak 19 agustus 1955 hingga 25 desember 1991.
Sumber: Wikipedia

Walaupun Uni Soviet sebenarnya adalah suatu kesatuan politik dari beberapa republik Soviet dengan ibu kota di Moskwa, nyatanya Uni Soviet menjelma menjadi negara yang pemerintahannya sangat terpusat dan menerapkan sistem ekonomi terencana.

Kekalahan perang Rusia pada Perang Dunia I yang membawa dampak kekacauan ekonomi, sosial dan politik serta menguatnya Partai Komunis menjadi latar belakang terbentuknya negara ini.

1600x1200 Lenin Stalin Revolution
Revolusi Bolshevik 1917.
Dapat terlihat ada Lenin dan Trotsky di foto ini.
Sumber: Marxist.org

Revolusi Oktober 1917 yang dilancarkan kaum Bolshevik  yang dimotori para buruh (proletar) berpaham komunis  berhasil menumbangkan sistem monarki dibawah Tsar Nicholas II, kaisar terakhir kekaisaran Rusia. 

1600x1200 Lenin Stalin Revolution
Tsar Nicholas II.
Pewarnaan oleh @jecinci

Penerusnya, Pemerintahan Sementara Rusia, hanya bertahan beberapa waktu hingga digulingkan melalui Revolusi Oktober pada tahun yang sama.

Dilanjutkan Perang Sipil antara Tentara Merah ( terdiri dari buruh dan petani ) yang dibentuk kaum Bolshevik melawan Tentara Putih yang merupakan kaum Nasionalis Rusia yang merupakan sisa sisa kekuatan Tsar.

2000 57d75572a4927

Members of the White Russian army during the Russian Civil War, 1920
Sumber: alamy

Setelah kaum Bolshevik menang dalam Perang Sipil Rusia pascarevolusi, Uni Soviet didirikan pada tanggal 30 Desember 1922 dengan anggota RSFS Rusia, RSFS Transkaukasia, RSS Ukraina, dan RSS Byelorusia.

Pemimpin kaum Bolshevik, Vladimir Lenin menjadi pemimpin pertama Uni Soviet yang memerintah dari tahun 1922 – 1924. Jika Karl Marx adalah seorang penggagas komunisme maka Lenin adalah orang pertama yang mampu menerapkannya sebagai landasan bernegara.

Vyb1tgrhpchx
Lukisan Lenin.
Sumber: topsimages.com

Pada masanya, Lenin mengubah nama kota terindah yang merupakan kota terbesar kedua setelah Moskow yaitu Saint Petersburg – sempat bernama Petrograd – menjadi Leningrad ( artinya kota Lenin ).

Pasca-kematian pemimpin Soviet yang pertama, Vladimir Lenin, pada tahun 1924, Leon Trotsky, orang kepercayaan Lenin sempat menjadi pemimpin sebentar sepeninggal Lenin pada tahun 1924 sebelum disingkirkan oleh intrik politik dalam internal partai komunis yang dimotori oleh Joseph Stalin .

TOP Original ART Russia LEADER JOSEPH STALIN Portrait Painting Hand Painted Oil Painting On Canvas 24
Lukisan Stalin.
Sumber: 4Archive

Dalam suasana Perang Dunia II, pada bulan Juni 1941, Nazi Jerman dan sekutunya menyerang Uni Soviet melalui Operasi Barbarossa, walaupun sebelumnya kedua negara telah menandatangani Pakta Molotov–Ribbentrop yang berisi perjanjian untuk tidak saling menyerang. Setelah empat tahun berperang secara besar-besaran, Uni Soviet muncul sebagai salah satu dari dua negara adidaya pemenang perang selain Amerika Serikat.

Victory Day In Moscow 1945 Ww2
Moskow, 9 mei 1945. Rakyat Uni Soviet merayakan kemenangan perang patriotik raya terhadap Nazi Jerman.
Gambar ini diwarnai oleh Klimbim

Uni Soviet dan negara-negara satelitnya di Eropa Timur terlibat dalam Perang Dingin, yaitu perebutan pengaruh ideologi dan politik global yang berkepanjangan melawan Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Blok Barat. Pada akhirnya, Uni Soviet mengalami kekalahan dalam hal ekonomi serta politik dalam dan luar negeri.

Cold War
Ilustrasi perang dingin.
Sumber: International Inside

Pada akhir tahun 1980-an, pemimpin Soviet yang terakhir, Mikhail Gorbachev, mencoba merestrukturisasi negara yang dipimpinnya melalui kebijakan glasnost dan perestroika, tetapi justru memicu perpecahan di Uni Soviet yang akhirnya secara resmi dibubarkan pada tanggal 26 Desember 1991, setelah gagalnya percobaan kudeta pada bulan Agustus sebelumnya.

Vyb1tgrhpchx
FILE – In this Aug. 19, 1991 file photo, Russian President Boris Yeltsin, foreground left, addresses the crowd standing atop of a tank in front of the Russian Government building, also known as White House, surrounded by his bodyguards, Alexander Korzhakov, center, and Viktor Zolotov, top center, in Moscow, Russia. As the 25th anniversary of the so-called August Coup draws near this Friday, The Associated Press has talked to participants and witnesses of those critical days when Muscovites turned out to defend the spirit of democracy that Gorbachev had unleashed, and many Soviet officers defied their orders and sided with the people, ensuring that that the plotters failed. (AP Photo, file)

Hak dan kewajiban negara ini kemudian dilanjutkan oleh Federasi Rusia.


Sumber dan Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Uni_Soviet
https://www.kompasiana.com/busroni/551b3fb2a33311e621b65e0a/mengenang-uni-soviet-negara-adi-kuasa-yang-telah-binasa
https://en.wikipedia.org/wiki/Soviet_Union

Tinggalkan Balasan