Benarkah Meletakkan Ponsel Basah ke Dalam Beras Bisa Menyerap Airnya?

in ,
cuma mitos beras tak bisa selamatkan smartphone basah tercebur air
Credit Image: Merdeka

Musim hujan telah tiba, jika kita sampai kehujanan di jalan, bukan hanya tubuh dan baju kita saja yang akan basah kuyup. Barang bawaan kita pun bisa terkena dampaknya.

Misalnya saja ponsel kita, ponsel akan berisiko mengalami kerusakan jika sudah basah. Komponen di dalam ponsel jika terkena air, maka akan membuat ponsel rusak bahkan tidak bisa digunakan.

Apakah kalian pernah mendengar atau membaca sebuah artikel, bahwa ponsel yang basah jika dimasukkan ke dalam beras, maka beras akan menyerap kadar air pada ponsel tersebut, sehingga mengurangi resiko rusaknya ponsel kita akibat air.

Kira-kira, benar tidak ya demikian? Berikut ulasannya!

Beras memang bisa menyerap air dalam ponsel yang basah

Beras disebut-sebut bisa mengurangi kadar air dalam ponsel yang basah, sehingga mengurangi resiko kerusakannya. Banyak yang menyarankan untuk merendamnya ke dalam beras selama beberapa jam atau seharian penuh.

Ponsel diharapkan kembali berfungsi, setelah kita merendamnya ke dalam beras. Karena hal ini, beberapa pihak melakukan percobaan. Mereka meletakkan ponsel basah ke dalam tumpukan beras.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengenal Air Purifer, Alat Penjernih Udara

Beras memang bisa menyerap air dalam ponsel, namun tidak memberikan hasil yang maksimal. Dalam 48 jam atau dua hari, kadar air yang diserap beras pada ponsel hanyalah sekitar 13 persen.

Padahal, membiarkan ponsel dalam keadaan basah dengan waktu yang lama, membuat tingkat resiko kerusakannya semakin tinggi. Merendam ponsel basah dalam beras dianjurkan jika kita sudah melakukan beberapa langkah pengeringan sebelumnya.

Yang Harus Dilakukan saat Ponsel Terkena Air

Tips Atasi HP Yang Basah Dan Jatuh Ke Air Agar Tak Rusak Master 2088922725
Ilustrasi ponsel terkena air | Source Image

Sebagian besar dari kita pasti panik ketika ponsel kita basah atau terkena air, karena kita beranggapan bahwa ponsel tersebut akan rusak dan tidak bisa digunakan.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang harus kita lakukan saat ponsel kita basah. Pertama, lepas bagian-bagian yang bisa dilepas seperti kartu sim, kartu memori, atau baterai ponsel jika baterai tersebut bukan baterai tanam.

Kemudian, gunakan tisu atau kain untuk mengeringkan ponsel. Usap air yang terlihat di permukaan ponsel agar tidak masuk lebih dalam ke komponen ponsel. Setelah itu, dengan tetap memisahkan bagian-bagian ponsel tadi, kita bisa meletakkannya di udara terbuka.

ARTIKEL TERKAIT •
Daya Baterai Ponsel Lebih Cepat Habis Saat Cuaca Dingin

Agar air bisa menguap keluar dan tidak masuk ke dalam komponen ponsel yang membuat ponsel bisa rusak.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan lakukan hal-hal berikut ini saat ponsel sedang basah.

Jangan gunakan pengering rambut untuk mengeringkan ponsel yang basah. Karena penegring rambut justru bisa saja mendorong air ke dalam komponen ponsel.

Lalu, jangan terlalu menggoyangkan atau menggerakan ponsel, hal itu bisa membuat air bergerak ke dalam komponen penting ponsel.

Berikan Nilai Untuk Konten ini