Benarkah Teknologi 5G Ancam Kesehatan Manusia?

in ,
penerapan teknologi 5g masih tersendat frekuensi ini kata pengamat OO9koqw4Zh
Credit Image: Okezone Tekno

Kontroversi tentang keamanan teknologi 5G untuk kesehatan manusia akhirnya terjawab. Regulator dari Amerika Serikat yaitu Federal Communications Commission menjawab, untuk saat ini setelah mengalami beberapa pengujian akhirnya ponsel dengan teknologi 5G dinyatakan aman dan tidak membuat masalah baru bagi kesehatan si pemakai.

Hal ini didapat dari surat edaran dari Ketua Federal Communications Commision (FCC) pada tahun lalu.

Berdasarkan riset dan tinjaun publik yang dilakukan FCC selama enam tahun menyatakan bahwa tingkat paparan untuk gadget yang ada di masyarakat seperti: ponsel, router Wi-Fi, pemancar wireless, dan perangkat lain dinyatakan aman.

FCC juga menambahkan kepada masyarakat luas untuk tidak usah khawatir dan termakan isu hoax tentang teknologi 5G yang berbahaya.

“Sampai saat ini bukti ilmiah yang mengatakan teknologi zaman sekarang berbahaya itu tidak ada atau memang riset nya diatas batas yang digunakan oleh gadget-gadget zaman sekarang.” Kata Jeffrey Shuren, direktur Pusat FDA Perangkat dan Kesehatan Radiologis.

Sejak 2011 sampai sekarang isu tentang keamanan ponsel sudah sering beredar. Hingga pada puncaknya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa ponsel dapat memungkinkan penggunanya mengalami kanker otak.

ARTIKEL TERKAIT •
Setelah Kehujanan, Sebaiknya Mandi Air Hangat Atau Air Dingin?

Namun pada kenyataannya, peneliti belum menemukan jawaban pasti tentang hubungan antara paparan frekuensi dari ponsel dan masalah kesehatan tertentu.

Oleh M Rico Aditya Prayoga

Berikan Nilai Untuk Konten ini