5 Cara Mengatasi Touch Screen Error Pada Ponsel Android

in ,
Mengatasi Touch Screen Error Tiba Tiba
Mengatasi Touch Screen Error Tiba Tiba

Touch screen atau layar sentuh adalah perangkat input yang bekerja ketika adanya sentuhan dari jari atau pena digital. Touch screen pada android berguna agar kita dapat menggerakkan atau memainkan perangkat aplikasi yang ada pada android. Namun, bagaimana jika secara tiba-tiba touch screen error pada ponsel android milikmu?

Tentu hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Yang seharusnya menang di suatu game, eh gara-gara touch screen yang error membuat kamu mendeita kekalahan. Masalah ini tak boleh dibiarkan begitu saja, karena sama saja jika touch screen tidak berfungsi, bagaimana caranya kita memainkan ponsel android tersebut.

Cara mengatasi touch screen error secara tiba-tiba

Berikut kami berikan penjelasan apa yang harus dilakukan jika kamu mengalami masalah ini. Ikutilah tips ini dari awal, jika tidak bisa ikutilah tips yang selanjutnya.

4 Rekomendasi HP Yang Cocok Buat Nge-Vlog

1. Restart ponsel

Restart Ponsel Untuk Mengatasi Permasalahan Touch Screen Yang Error
Restart Ponsel | via https://www.leskompi.com/

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi touch screen yang error adalah dengan merestart ponsel tersebut. Cara ini terbilang cukup sederhana, namun sangat efektif untuk mengatasi permasalahan yang dialami pada ponsel milikmu.

ARTIKEL TERKAIT •
"Ditemukan Dalam Laci, Setelah 20 Tahun Baterai Nokia Ini Masih 70%!" Ternyata Hoax

Ketika dilakukannya reboot, proses yang berjalan pada ponsel sebelumnya akan dihentikan. Setelah direstart, ponsel akan kembali pada kondisi saat ponsel pertama kali dihidupkan. Sehingga diharapkan dapat menangani berbagai permasalahan yang ada pada ponsel kamu.

2. Diagnosa layar

Mendiagnosa Layar Ponsel
Mendiagnosa Layar Ponsel | via https://telset.id/

Untuk mendiagonosa masalah touch screen yang error, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada pada Play Store atau App Store. Salah satu aplikasinya adalah Display Tester.

Mudahnya Membuat Vlog Berkualitas Menggunakan HP, Begini Caranya

Setelah selesai menginstall aplikasi ini, pilih lah tab Tests. Pada tab ini, kamu bisa mendeteksi layar ponsel apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Lepas pelindung layar

Melepas Pelindung Layar Ponsel
Melepas Pelindung Layar Ponsel | via https://oketekno.com/

Pelindung layar atau screen protector berfungsi sebagai pelindung layar ponsel manakala ponsel tergores atau terjatuh. Oleh karena itu, hampir semua orang memakai pelindung layar pada ponselnya. Namun, kadang kala kaca atau panel plastik ini malah menghambat respon sinyal sentuhan yang kalian lakukan pada ponsel.

Nah jika touch screen dirasa error, kamu bisa melepas sebentar pelindung layar ini. Memang cara ini tidak sepenuhnya ampuh untuk memperbaiki masalah, namun setidaknya dapat meningkatkan respon ponsel saat berinteraksi denganmu.

ARTIKEL TERKAIT •
Huawei: Sistem Operasi Kita 60% Lebih Ngebut Dibanding Android

4. Masuk ke safe mode

Masuk Ke Safe Mode
Masuk Ke Safe Mode | via https://hpsultan.com/

Kamu bisa menggunakan ponsel dengan software yang kosong saat memasuki Safe Mode. Ternyata touch screen kamu yang error sebelumnya dapat digunakan dalam sistem Safe Mode. Ini menandakan terdapat masalah yang melibatkan aplikasi pihak ketiga.

Kamu bisa masuk ke Safe Mode dengan menekan lama tombol power. Kemudian akan terlihat prompt agar dapat masuk ke Safe Mode. Tekan layar dua kali atau pilih Accept dan kamu berhasil masuk ke Safe Mode.

5. Copot SIM Card untuk atasi masalah Touch Screen yang error

Mencopot SIM Card
Mencopot SIM Card | via https://wefixit.id/

Layar sentuh yang bermasalah dapat diatasi dengan cara ini. Langkah pertama matikan ponsel terlebih dahulu sebelum mencopot SIM Card atau memori yang ada pada ponsel.

Daya Baterai Ponsel Lebih Cepat Habis Saat Cuaca Dingin

Kemudian nyalakan kembali ponsel dan cek apakah touch screen yang tadinya error dapat berfungsi kembali. Jika touch screen sudah berfungsi, masukkan item-item yang kamu copot tadi sampai kamu mengetahui penyebabnya.

Nah itulah penjelasan tentang cara mengatasi touchscreen yang error pada ponsel android. Jika masalah ini belum juga terselesaikan, kamu bisa membawanya ke konter untuk penanganan lebih lanjut.

ARTIKEL TERKAIT •
Gak Kalah Seru! 5 Game Android Mirip PUBG yang Bisa Dimainkan Offline

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.