Daya Baterai Ponsel Lebih Cepat Habis Saat Cuaca Dingin

in
Dingin 20180105 210841
Credit Image: Tribun Bali

Bagi kalian yang berlibur ke daerah pegunungan atau pun bersalju, di cuaca yang dingin ternyata bisa membuat daya baterai ponsel kita lebih cepat habis.

Hampir semua baterai ponsel saat ini menggunakan baterai lithium-ion. Terdapat ion khusus yang berfungsi menampung daya listrik. Daya yang ditampung ini membuat ponsel kita hidup.

Ion pada baterai ponsel kita memiliki kerja yang unik. Saat ia terisi daya listrik, mereka akan berkumpul di satu sisi yang bernama anoda. Namun, ia akan berpindah ke satu sisi lain bernama katoda saat daya listriknya terpakai habis.

Tidak tahan dingin

Saat cuaca dingin, ion-ion ini akan melambat bahkan bisa berhenti bergerak. Karena ternyata ion-ion ini tidak tahan terhadap suhu dingin.

Daya listrik yang berada dalam ion tidak akan berfungsi jika ion-ionnya berhenti bergerak. Jika terjadi demikian, layar ponsel akan memebrikan informasi bahwa baterai ponsel kita telah habis. Padahal, sebenarnya ion-ion hanya berhenti bergerak.

Tips Agar Daya Baterai Tidak Cepat Habis di Tempat Dingin

Ponsel bisa kita lebih dekatkan dengan tubuh, bisa ditaruh di area kantung jaket atau celana. Sebab Panas dari tubuh kita bisa membuat ponsel tetap hangat.

Selain itu, ponsel juga bisa dimasukan ke dalam kantung atau sarung ponsel yang rapat. Lalu sebaiknya jangan mengeluarkan ponsel saat berada di area dengan suhu yang sangat dingin.

Jika daya ponsel yang tadinya penuh lalu kemudian tiba-tiba habis di tempat, jangan langsung melakukan pengisian ulang. Carilah tempat dengan suhu normal, dan diam lah di sana untuk beberapa saat.

Baterai ponsel akan kembali seperti semula, jika pun berkurang mungkin hanya beberapa persen. Jika kamu melakukan pengisian, ion-ion akan berubah menjadi padat. Ion yang padat tidak bisa menampung daya listrik, alhasil ion yang bisa menampung listrik akan berkurang. Dan hal itu akan mempengaruhi kualitas baterai.

Avatar

Written by Bayu Pamungkas