Memeriksa Ponsel Saat Bangun Tidur, Ini Dampaknya Terhadap Otak

in , ,
Img 524 349 1575000397hari
Credit Picture: Rakyatku Health

Mayoritas masyarakat era sekarang, memiliki kebiasaan yang hampir sama begitu bangun tidur. Kita selalu memeriksa ponsel, entah itu karena alarm berbunyi, hanya sekedar melihat pesan, atau memeriksa telepon hingga sosial media kita.

Hal ini ternyata memiliki dampak tersendiri bagi kita, dampak baiknya ialah hal tersebut membuat kita waspada di pagi hari.

Sebenarnya, saat kita tidur adalah saat kita beristirahat untuk memulihkan energi tubuh dan pikiran. Jika kita bangun tidur sudah disibukkan dengan memeriksa apa yang terjadi di dalam ponsel, artinya belum apa-apa pikiran kita sudah dipaksa untuk sibuk.

Berdampak negatif terhadap kesehatan mental

Para peneliti dalam Journal of Neural Transmission, menyebutkan paparan cahaya biru pada perangkat seperti ponsel dapat meningkatkan kerja kognitif atau otak. Lalu dalam Journal of Applied Physiology menyimpulkan cahaya itu menekan melatonin dan hormon tidur pada manusia.

Namun, memeriksa ponsel setelah bangun tidur juga memiliki dampak kurang baik, terlebih terhadap kita yang selalu mengecek ponsel untuk melihat pesan masuk pada sosial media, memeriksa kabar atau info di internet, hingga mengecek email pekerjaan.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Kita Tidak Boleh Mandi Saat Cacar Air?

Artinya kita mengecek pesan yang masuk atau hal itu semua selama kita tertidur, hal ini dapat menyebabkan peningkatan resiko stress. Penelitian pun menyebutkan bahwa memeriksa, memantau email bisnis di luar jam pekerjaan berdampak negatif terhadap kesehatan mental.

Memicu stress

Sebuah penelitian pada Jurnal Anxiety, Stress, And Coping pada 2001 menyebutkan melihat berita buruk memicu keterkaitannya terhadap stress. Artinya setelah kita bangun dari tidur, kita sudah memiliki beban pikiran terhadap apa yang terjadi di dalam ponsel kita.

Ini lah mengapa kita perlu menjauhkan ponsel dari tempat tidur kita selama kita tertidur, karena kita juga perlu mewaspadai adanya indikasi dampak stress terhadap diri kita dari ponsel tersebut.

Berikan Nilai Untuk Konten ini