Reels, Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTok

in ,
Reels Instagram
Reels Instagram | Credit Image: Business Insider

Baru-baru ini, Instagram baru saja merilis fitur terbaru mereka yang bernama video Reels. Fitur terbaru Instagram yang mirip TikTok ini digadang-gadang akan merebut hati para TikTok user. Namun saat ini masih hadir di hanya 50 negara saja, termasuk India, Inggirs, Brazil, Australia, Jepang dan Jerman.

Meskipun hingga saat ini fitur terbaru Instagram tersebut belum hadir di Indonesia, tak ada salahnya jika lebih dulu mengetahui cara membuat video ala TikTok rasa Instagram. Berikut ulasannya!

1. Fitur terbaru instagram yang mirip dengan TikTok

Dilansir dari idntimes, pengguna Instagram yang menggunakan fitur terbaru instagram Reels memungkinkan untuk membuat video pendek disertai musik yang mirip dengan TikTok. Video tersebut dapat dibagikan kepada followers melalui feed ataupun story. Selain itu, video Reels juga bisa ditemukan di fitur explore pada Instagram.

Reels Mirip Dengan Tiktok
Reels Mirip Dengan Tiktok | urbanasia

Selama durasi 15 detik, fitur instagram terbaru Reels akan merekam video dengan menambahkan pilihan musik populer. Tak hanya itu, Reels juga menyediakan berbagai filter dan efek yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk mempercantik hasil video.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Channel Youtube Ini Punya Video Yang Aneh Dan Absurd

Instagram juga telah menambahkan thumb khusus pada menu explore yang berguna khusus jika ingin menjelajahi Reels. Fitur ini berada di bagian atas layar, mirip seperti “For You Page” dari TikTok, nantinya layar dapat bergulir secara vertikal.

2. Cara membuat Reels

Cara membuat Reels pada fitur terbaru Instagram ini cukup mudah kok. Pertama-tama pilih menu Reels di bagian bawah kamera Instagram. Di sisi kiri layar kemudian akan muncul berbagai pilihan editor yang berfungsi untuk membantu mengkreasikan video.

Fitur-fitur pada editor tersebut antara lain:

  • Audio: Kamu bisa menambahkan musik dari fitur ini, baik dari koleksi musik Instagram, atau dari musik pilihanmu sendiri.
  • AR Effects: Menambahkan berbagai efek yang sudah disediakan oleh Instagram.
  • Timer and Countdown: Dengan fitur ini kita bisa mengatur timer dan hitungan mundur dalam merekam video.
  • Speed: Kita bisa mengatur tempo pada video, ingin dipercepat atau memperlambat pada bagian video yang dipilih.
  • Align: Dengan fitur ini, kita bisa menggabungkan beberapa video serta transisinya menjadi satu rekaman video.
ARTIKEL TERKAIT •
Pembullyan Bocah Penjual Jalangkote di Pangkep, Para Pelaku Sudah Diamankan

Reels video bisa direkam satu per satu untuk digabungkan ke dalam satu video ataupun direkam secara sekaligus. Selain itu, kita juga bisa mengambil video dari galeri smartphone kita.

Untuk merekam klip pertama, tekan dan tahan tombol capture. Kemudian pada bagian atas layar akan terlihat indikator saat dilakukan perekaman. Lepaskan tombol capture ketika ingin berhenti merekam dan mengakhiri setiap klip video.

3. Cara menonton Reels

Menonton Reels
Menonton Reels | IDN Times

Jika Reels fitur terbaru instagram yang mirip TikTok ini sudah ada di Instagram kamu, kamu bisa menjelajah dan menonton berbagai video Reels melalui menu explore. Kamu bisa memberikan like, meninggalkan komentar, bahkan membagikan video Reels tersebut ke akun Instagram atau ke platform lainnya.

4. Monetisasi Reels

Belum seperti TikTok yang sudah menawarkan para penggunanya untuk bisa menghasilkan uang dari platform tersebut, untuk sementara Reels akan mengembangkan fungsi fiturnya terlebih dahulu.

Jadi, untuk saat ini instagram tidak akan memberi influencer media sosial cara mendapatkan uang melalui Reels denan cara monetisasi. Meskipun begitu, jika Reels memiliki fitur yang lebih bagus dan mampu menjaring banyak pengguna, bukan tidak mungkin para pengguna TikTok akan beralih ke Reels.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Aplikasi Editing Video Terbaik, Bisa Bikin Video Sekeren Youtuber!

Berikan Nilai Untuk Konten ini