Bebaspedia.com

6 Langkah Tepat Untuk Mencegah Stalker Facebook

Langkah Tepat Mencegah Stalker Facebook
Langkah Tepat Mencegah Stalker Facebook
Langkah Tepat Mencegah Stalker Facebook
Langkah Tepat Mencegah Stalker Facebook

Cara Mencegah Stalker Facebook – Facebook menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh orang-orang, selain Instagram dan Twitter. Maka dari itu, banyak oknum-oknum yang mencoba memanfaatkan popularitas Facebook untuk menjalankan aksi jahatnya.

Terkadang kita sangat lalai dan ceroboh dalam mengamankan akun dan aktivitas kita di Facebook. Sehingga membuat orang lain dapat memata-matai pergerakan dan aktivitas kita atau yang sering dikenal dengan sebutan stalker. Para stalker identik dengan orang lain yang menyukai diri kita, sehingga mereka jadi penasaran dan membuka profil akun Facebook kita.

Menghindari Stalker Di Facebook
Foto: Okezone.com

Namun, lebih dari itu para stalker di Facebook lebih mengarah ke tujuan yang lebih berbahaya. Misalnya seperti para penjahat yang mengetahui keberadaan kita dari Facebook, sehingga sewaktu-waktu mereka menculik kita dan melakukan hal yang tak senonoh. Tentu kita tidak menginginkan hal seperti itu bukan?

Nah, pada kesempatan kali ini Bebaspedia akan memberikan tips untuk mencegah stalker Facebook yang sangat harus kamu lakukan. Berikut ulasannya.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Mengembalikan Grup Facebook yang Dinonaktifkan atau Dihapus

1. Memeriksa Setting Keamanan

Setting Keamanan
Foto: Skygrid.id

Tips pertama untuk mencegah stalker di Facebook adalah dengan memeriksa setting keamanan. Seperti diketahui, Facebook memiliki sistem keamanan yang kompleks dan baik, dengan begitu kamu bisa membuat siapa saja orang-orang yang bisa melihat informasi pribadi, status, ataupun aktivitas kamu di Facebook.

Kalau kamu tidak ingin semua orang dapat melihatnya, kamu bisa mengatur hanya teman Facebook saja yang dapat melihat semua informasi di akunmu.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Grup Facebook Yang Dinonaktifkan Atau Dihapus

2. Privasi Status

Privasi Status
Foto: Tribunnews.com

Tips selanjutnya agar terhindar dari stalker yang menganggu adalah dengan memerhatikan privasi dari status yang kamu unggah. Saat ini, Facebook sudah menyediakan pilihan yang berada di bawah kolom status yang bisa kamu atur.

Setiap status yang kamu update kamu bisa mengaturnya. Apakah status tersebut dapat dilihat oleh semua orang, atau hanya teman di Facebook saja, atau malah hanya kamu sendiri.

3. Berteman Dengan Orang yang Dikenal Saja

Berteman Dengan Orang Yang Dikenal Saja
Foto: Okezone.com

Menurut penelitian yang dilakukan kepada para pengguna Facebook, mereka lebih cenderung mencari teman sebanyak-banyaknya. Tanpa mereka ketahui dan peduli, kalau orang yang mereka tambah sebagai teman di Facebook itu bukanlah orang yang mereka kenali.

ARTIKEL TERKAIT •
Menguak Anggapan Media yang Salah Mengenai Deep Web

Maka dari itu, kamu harus mengkurasi orang-orang yang akan kamu jadikan teman di Facebook. Hal ini dilakukan untuk mencegah para stalker Facebook yang bisa saja meresahkan kamu di kemudian hari.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Membuat Facebook Avatar, Gampang Banget

4. Memeriksa Teman yang Telah Menjadi Temanmu

Memeriksa Teman Di Facebook
Foto: Liputan6.com

Kalau kamu sudah terlanjur menerima pertemanan sebanyak mungkin, bahkan sudah sampai batas maksimum pertemanan Facebook, yakni 5 ribu. Sudah seharusnya memeriksa kembali orang-orang tersebut. Apakah mereka masih aktif atau mereka yang pada awalnya ingin berteman tapi malah berubah jadi tukang stalker.

Yang harus kamu lakukan tentunya mengunfriend atau menghapus pertemanan dengannya. Dengan begitu kamu telah melakukan cara terbaik untuk mencegah stalker Facebook.

5. Membuat Daftar Teman Dekat

Mencegah Stalker Facebook Dengan Membuat Daftar Teman Dekat
Foto: Jurnalapps.co.id

Setelah kamu sudah yakin kalau orang-orang yang berteman denganmu di Facebook adalah orang yang kamu kenal, kamu bisa membuat daftar teman dekat dan mengelompokkan mereka ke dalam berbagai kategori. Seperti teman sekolah, teman kantor, tetangga rumah, dan sebagainya.

ARTIKEL TERKAIT •
Didatangi Andre Rosiade, Facebook Akhirnya Jelaskan Mekanisme Akun yang Dihapus

Selain dapat mencegah stalker di Facebook, cara ini juga sangat baik untuk mengabarkan sesuatu kepada teman yang telah kamu kelompokkan tadinya. Misalnya untuk mengabarkan kalau ada reuni SMA atau menginfokan pernikahan.

6. Semua Hal Bisa Terjadi di Internet

Tidak Ada Yang Aman Di Internet
Foto: Liputan6.com

Meskipun kamu telah melakukan berbagai upaya untuk menghindari dan mencegah stalker Facebook, namun jangan merasa kalau akun Facebook kamu telah aman. Pastinya kamu sudah mengetahui dan mengerti bahwa semua yang berada di internet itu tidaklah aman.

Contoh kecilnya saja, saat kamu mengupload foto di akun Facebook, bisa saja teman yang kamu kira kalau dia bukan stalker, ternyata dia adalah seorang stalker sejati yang mencari mangsa dengan mengumpulkan foto-foto cewek. Bisa jadi foto kamu itu akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki sesuatu yang tidak boleh diketahui banyak orang. Ada baiknya, jangan menyebarkan ke internet, entah itu di Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Lebih baik rahasia tersebut kamu simpan sendiri, kamu bisa menuliskannya di buku diary.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Trik Anti Norak Untuk Nunjukin Pacar Baru di Media Sosial

Baca Juga: 3 Cara Hapus Akun Facebook Sementara Dan Permanen