Awas, Ini Bahaya yang Mengintai Saat Menggunakan VPN Gratisan

in
Vpn

Usai pembatasan akses oleh Kominfo kepada beberapa sosial media. Para netizen berbondong-bondong menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk mengakali agar bisa bersosial media ria dengan lancar.

Namun, dibalik lancarnya bersosial media menggunakan VPN. Ternyata, ada dampak negatif dan bahaya yang mengintai loh. Mau tau? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Bahaya Menggunakan Aplikasi VPN Gratisan

1.Smartphone Bisa Tersusupi Malware

Menurut penelitian dari CSIRO, ada sekitar 38 persen dari aplikasi VPN gratisan yang didalamnya mengandung malware. Hal ini sungguh mengerikan, jika kita tahu dampak buruk akibat adanya malware.

Malware adalah program berbahaya yang secara sembunyi-sembunyi bisa masuk kedalam sistem smartphone kita. Disana malware ini, bisa mengeksplor lebih jauh tentang data-data kita tanpa izin.

Apalagi, data-data mengenai digital bisa saja dicuri memanfaatkan malware. Bahkan, ia bisa mengunci smartphone seperti virus wannacry yang meminta tebusan agar smartphone bisa pulih kembali.

2.Pencurian data

VPN gratisan bisa melakukan pencurian data secara diam-diam. Data yang diambil bisa berupa data yang ditransmisi selama ponsel terhubung, seperti mengekstrak komunikasi, mencuri data username (nama pengguna), password (kata kunci), data finansial, dan data penting lain. 

Kebocoran berasal dari IP address dan DNS, masalah yang kerap terjadi di VPN gratis. 

0/5 (0 Reviews)

Tinggalkan Balasan

Mentor

Channabeck Sutansyah

Editor in Chief di Bebaspedia. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.