Cara Tarik Pesan WhatsApp yang Sudah Lama Terkirim

in
Whatsapp
Ilustrasi pengguna Whatsapp yang sedang ngobrol

Saat kita saling kirim pesan melalui WhatsApp, terkadang ada penyesalan atau salah ketik yang tidak kita sadari. Mau tarik pesan, pesan sudah terkirim beberapa menit atau jam yang lalu. Ternyata ada lho trik agar pesan kamu dapat ditarik.

Beberapa waktu yang lalu WhatsApp merilis sebuah fitur yang sangat berguna sekali bagi para penggunanya dalam berkirim pesan, yaitu fitur “Delete for Everyone“. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menarik pesan yang sudah terkirim kepada penerima agar sang penerima tidak bisa membaca isi pesan tersebut.

Sayangnya, WhatsApp hanya memberikan waktu 7 menit kepada si pengirim untuk menarik pesan yang sudah terkirim. Walaupun begitu, ternyata ada lho trik agar pesan kamu bisa ditarik walaupun sudah melewati batas waktu tenggat.

Diteruskan dari Detik, pesan WhatsApp yang sduah terkirim dan sudah melewati batas waktu tenggat ternyata bisa ditarik hanya dengan melakukan langkah-langkah ini:

– Matikan gawai yang kita gunakan dari jaringan internet. Pastikan bahwa akses internet sudah tidak ada lagi pada tahap ini.

– Tutup aplikasi WhatsApp ‘close window’, pastikan ditutup bukan pindah window.

– Buka aplikasi ‘Pengaturan’ atau ‘setting’ di gawai yang sedang kamu gunakan, lalu carilah opsi untuk mengedit waktu atau tanggal. Ingat kembali waktu saat kamu kirim pesan pada aplikasi WhatsApp yang akan kamu hapus, semisal 15 Juli 2019 pada 18:20 WIB, ubah waktu mendekati tanggal, jam, dan menit tersebut dan ingat bahwa kamu tidak melewati batas tenggat 7 menit. Contoh: waktu diubah ke 15 Juli 2019 pada 18:25 WIB.

– Keluar dari aplikasi ‘Pengaturan’ dan buka kembali aplikasi WhatsApp dan masuklah ke chat yang ingin kamu hapus.

– Pada pesan, tahan pada layar dan akan muncul opsi “Delete for Everyone” pilih opsi tersebut.

– Kembali lagi ke aplikasi ‘Pengaturan’ dan ubah waktu yang sudah kamu edit tadi ke ‘waktu otomatis’, setelah itu nyalakan kembali sambungan internet.

Sekarang cobalah cek kembali pesan yang sudah kamu tarik tadi, dan lihatlah bahwa pesan yang sudah kamu tarik sudah tidak bisa terbaca oleh sang penerima. Terkadang pesan yang sudah berusia lebih dari satu hari tidak bisa lagi ditarik dari si penerima pesan.

Tinggalkan Balasan

Participant

M Rico Aditya Prayoga

Hey There! What's New?