Ayo Berkenalan Dengan Blog, Dan Berbagai Masalah Di Dalamnya

in ,

Banyak orang yang mulai membuat blog dengan alasan yang berbeda beda. Beberapa dari mereka melakukannya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, sementara orang lain mungkin melakukannya untuk alasan yang lebih profesional.

Menulis artikel merupakan hal yang begitu mudah , tetapi apakah kamu mampu berada pada posisi yang lebih profesional lagi dan mencoba memperoleh uang dari sana?

Sc: mailrelay.com

Sebelum pertanyaan itu kamu jawab , saya harus memberitahukan ini kepada anda, bahwa memperoleh penghasilan dari menulis artikel bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. 


Berikut saya akan membagikan tips sederhana bagaimana anda harus memulai menulis sebuah artikel hingga mengatasi berbagai masalah yang ada di dalamnya.

1.Membuat Sebuah Blog

Sebelum anda mencoba memperoleh penghasilan, langkah paling awal dalam menulis artikel adalah memiliki sebuah blog. Hal ini tentu saja membuat anda harus berpikir lagi platform mana yang akan digunakan dalam menulis sebuah artikel .

Sc: smartbloggingonline.com

Mungkin anda sendiri bisa mencoba dengan platfrom gratis yang telah disediakan oleh google yaitu Blogger. Atau anda ingin langsung mencoba platform profesional berbayar seperti WordPress dan WIX. Setelah anda memilih maka anda memerlukan beberapa hal penting lainnya.


2. Membuat Sebuah Logo Atau Simbol
Sc: Medium.com

Logo atau simbol merupakan hal terpenting karena itu merupakan salah satu identitas suatu blog dan kebanyakan orang orang akan mengingat nama blog kita setelah melihat logo tersebut. Dan tentu saja logo blog yang digunakan harus sesuai dengan visi dan misi pada blog kalian.


3. Tentukan Nama Domain Yang Akan Di Gunakan

Hal yang perlu anda lakukan dalam memilih Domain adalah menyesuaikan nama domain dengan nama blog kalian.

Sc : namescon.com

Hal ini justru sering kali dianggap sepele oleh kebanyakan orang, nyatanya orang orang hanya akan mengingat nama domain kita saja ketimbang nama blog kita sendiri. Hal ini di sebabnya kerena kebanyakan pembaca hanya akan mengingat link yang telah mereka klik ketimbang nama dari blog yang telah mereka baca.


4. Buatlah Konten Yang Berkualitas Dan Unik

Konten merupakan hal yang paling terpenting dari semuanya, dan juga berperan sebagai penentu apakah bagus atau tidaknya blog kita.

Sc: AltusHost

Bila kita mempunyai konten konten yang kreatif dan berkualitas , para pembaca tidak akan sungkan sungkan untuk datang kembali dan membaca konten konten kita lainnya. Mulailah membuat konten yang berkualitas dengan cara membuat topik yang menarik minat para pembaca.

Sc : digitalmarketer.id

Dan cobalah memulai menulis artikel dari pengalaman / keahlian yang anda miliki sekarang. Kemudian buatlah seunik dan semenarik mungkin, sehingga menjadi ciri khas dari blog anda sendiri.


5. Mulailah Promosikan Blog Anda Keberbagai Social Media

Setelah anda mengukuti langkah langkah diatas , kemudian kita masuk pada langsung terakhir, yaitu mempromosikan artikel kita.

Langkah ini merupakan langkah langkah yang paling mudah dilakukan.

Sc: merdeka.com

Tapi sebelum itu kamu harus tau target para pembacanya. Apakah sesuai dengan artikel yang kamu share atau tidak.Semisalnya kamu membuat artikel tentang pengalaman ” Naik Gunung ” , tentu saja kamu harus mempromosikannya kepada para pencinta gunung.Kemudian buatlah caption yang menarik perhatian mereka untuk membuka artikel kamu.

Image result for content marketing
Sumber: blog.thesocialms.com

Bila kamu sudah melakukan semuanya tapi merasa kurang , mungkin artikel yang kamu sajikan kurang menarik atau sudah banyak artikel serupa ( common article ) sehingga pembaca pun kurang tertarik karena mereka sudah pernah membacanya.

sc : searchenginejournal.com

Atau kamu dapat mencoba platform penyedia layanan iklan artikel , seperti Facebook ads dan AdWords untuk menggaet pembaca lebih banyak lagi.

0/5 (0 Reviews)

3 Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan