Memperbaiki File yang Rusak Karena Virus Rumba Ransomware

in

Bebaspedia – Akhir akhir ini masyarakat asia tenggara khususnya negara kita indonesia dikejutkan lagi oleh virus ransomware versi terbaru yaitu rumba ransomware, virus ini menginfeksi perangkat dan mengunci semua file dan data secara langsung dengan format .rumba, sangat disayangkan bukan ? jika itu file file penting seperti pekerjaan, skripsi, video, music, foto, file game dan sebagainya semua terkunci dan susah untuk dibuka atau diakses seperti biasa. Sama halnya virus – virus ransomware lainnya virus rumba ini sudah memiliki decryptor atau pembuka dari file yang rusak karna rumba ransomware tersebut.

Penjelasan Singkat Tentang Rumba Ransomware

Umumnya virus rumba ransomware sangat senang menyerang pengguna yang suka memakai software atau program bajakan, dengan memanfaatkan crack dan patch tersebut yang otomatis pengguna atau user mematikan semua antivirus dan proteksi yang ada di perangkat tersebut, dan memudahkan virus rumba ransomware ini untuk menginfeksi perangkat windows kalian.

Virus rumba ransomware juga memeras korban yang sudah terinfeksi dengan cara meminta sejumlah uang tebusan puluhan juga agar file tersebut bisa kembali atau jika tidak ditebus dalam jangka waktu 24 jam atau paling lama 48 jam semua data yang terinfeksi akan terhapus semua.

Mengapa bisa terjadi ? Karna website penyedia crack atau patch tersebut sudah diambil alih oleh pembuat virus rumba ransomware tersebut dan langsung menginfeksi semua konten dan database website tersebut. sehingga jika kalian mendownload program crack dari website yang diambil alih oleh pembuat virus rumba ransomware, secara otomatis perangkat windows akan sangat mudah untuk terinfeksi virus rumba ransomware tersebut.

Bagaimana cara mencegah virus rumba ransomware ?

Gunakan Antivirus dan Selalu Perbarui Database

Banyak antivirus ternama yang cukup handal dalam menangkis virus rumba ransomware ini seperti antivirus bit defender, malwarebytes, avg, kaspersky internet security, smadav, 360 security dan masih banyak lagi serta jika terdapat notifikasi untuk memperbarui database, segera perbarui database antivirus tersebut untuk perlindungan lebih baik, program antivirus dapat di unduh melalui website software tempur.

Gunakan Virtual untuk Mencoba Program Crack

Jangan langsung pakai program crack di desktop, gunakan software tambahan seperti vmware, virtual box (iso bisa di download melalui software windows iso downloader) untuk mencoba crack tersebut untuk antisipasi virus berbahaya seperti rumba ransomware.

Inti Penjelasan Memperbaiki File yang Rusak Karena Rumba Ransomware

Nah pada kesempatan yang indah ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara memperbaiki file yang rusak karna terinfeksi virus rumba ransomware dengan mudah, hanya 1 kemungkinan jika mengembalikan file yang rusak karna virus rumba ransomware yakni file tersebut corrupt, memang tidak semua file atau data yang terkunci virus rumba ransomware dapat diselamatkan mungkin hanya sekitar 60% yang dapat diselamatkan saat ini jika menggunakan decryptor atau dengan teknik sistem restore.

Menggunakan Decryptor untuk Rumba Ransomware

Decrypter for stop ransomware v2.0.1.2 ini memiliki support format extension untuk membuka pengunci file antara lain yakni : .puma .pumas .pumax .djvu .djvuq .djvur .djvut .djvuu .pdff .tfude .tfudeq .tro .udjvu .tfudet .rumba.

Menggunakan System Restore

Teknik ini tidak semuanya berhasil untuk perangkat windows versi lama yang tidak mendukung sistem restore dan yang menonaktifkan fitur auto restore, restore memiliki fungsi untuk mengembalikan data sebelumnya yang belum terinfeksi virus rumba ransomware.

  • Masuk ke safe mode menggunakan cmd run as administrator, lalu ketik cd restore
  • Lalu ketik lagi rstrui.exe
  • Setelah itu next lalu muncul tulisan : Automatic restore point lalu pencet next
  • Lalu klik tulisan yes
  • Lalu klik tulisan restore
  • Setelah itu perangkat akan melakukan restart
  • download dan scan pc kalian menggunakan malware removal, gunakan bit defender atau menggunakan spy hunter

Untuk mengembalikan file individual yang dikunci oleh rumba ransomware ini, gunakan fitur windows previous version. Metode ini hanya efektif jika fungsi system restore diaktifkan pada system operasi yang terinfeksi, Perlu diperhatikan bahwa beberapa varian dari virus rumba ransomware ini dikenal untuk menghapus shadow volume copies jadi motode ini mungkin saja tidak berfungsi di semua perangkat komputer atau laptop.

Untuk merestore file individual klik kanan, masuk ke properties, pilih tab previous version.

Oke sekian dari saya tentang tutorial tentang cara memperbaiki file yang rusak karena virus rumba ransomware, semoga bermanfaat bagi banyak orang dan terimakasih telah berkunjung di website software tempur.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan