Tak Hanya Indonesia, Negara Ini Pernah Blokir Sosial Media Bahkan Sampai Permanen

in
Ilustrasi Media Sosial

Selama dua hari terakhir whatsapp diblokir oleh Kominfo dengan alasan untuk menangkal hoax saat aksi 22 Mei.

Nah, ternyata tidak hanya Indonesia saja yang pernah memblokir atau menutup akses Whatsapp dan sosial media lainnya.

1.Srilanka


Srilanka tercatat pernah melakukan blokir terhadap whatsapp dan instagram seusai terjadinya bom bunuh diri di tiga gereja.

2 . Mesir


Pada tahun 2011, Presiden Hoesni Mubarrak menginstruksikan untuk menutup akses sosial media Facebook dan Twitter. Hal ini dikarenakan kedua sosial media tersebut menjadi sarana komunikasi dan provokasi untuk melakukan kerusuhan di negara tersebut.

3.Korea Utara


Korea Utara dikenal dengan negara yang tertutup. Sehingga produk asing termasuk sosial media seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram dan Whatsapp diblokir oleh negara tersebut.

Negara ini memang dikenal dengan aturan ketat mengenai arus informasi yang masuk ke negaranya. Pemerintah mengontrol ketat media-media yang ada disana.

4. Kongo, Chad dan Uganda


Ketiga negara asal benua Afrika yaitu Kongo, Chad dan Uganda pernah memblokir sosial media saat pesta demokrasi (Pemilu).

Tujuan dari pemblokiran ini adalah untuk mencegah berita-berita hoax yang timbul akibat sosial media tersebut.

5.China


Mungkin China hampir mirip dengan Korea Utara. Bedanya Korea Utara memblokir sosial media dari luar dengan alasan keamanan dan militer sementara China memblokir sosial media dari luar dikarenakan faktor ekonomi.

Layanan Google, Facebook, Whatsapp dan Sosial Media lainnya memang tidak diizinkan disini. Sebagai gantinya China menggunakan sosial media sendiri seperti We Chat dan lainnya.

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Mentor

Channabeck Sutansyah

Editor in Chief di Bebaspedia. Harvest Moon menjadi game pertama dan terfavorit yang pernah sama mainkan.