4 Website untuk Kompres File PDF agar Ukurannya Lebih Kecil

in
Mengetik Di Laptop

PDF merupakan sebuah format file yang dibuat oleh perusahaan ternama Adobe. Format file ini seringkali kita temukan di kehidupan sehari-hari, contoh saja dalam tugas sekolah kita biasanya menggunakan file PDF, dalam mencari kerja menggunakan format PDF, dan pastinya dalam pekerjaan kantor.

File dengan format PDF sering kita gunakan untuk melamar pekerjaan atau kegiatan lainnya bahkan dalam beberapa tempat mengharuskan melampirkan file dengan format PDF. Namun, dalam beberapa situs untuk melamar pekerjaan. File PDF yang diperbolehkan untuk dikirim hanya sebesar 100KB.

Kalian pastinya bingung, karena file yang akan kalian kirim berukuran lebih dari batas wajar yang ditentukan. Tapi jangan khawatir, pasalnya Bebaspedia mempunyai 4 rekomendasi website untuk kompres sebuah file PDF agar ukurannya lebih kecil.

1. SmallPDF

Kamu bisa gunakan website ini untuk kompres file PDF kamu. Caranya masuk ke website SmallPDF terlebih dahulu disini. Klik Drop PDF Here Choose File yang ada di tengah website untuk menentukan file PDF mana saja yang akan kamu kompres atau kamu bisa gunakan cara drag & drop untuk memulai kompres sebuah file PDF.

Tunggu beberapa saat untuk memproses unggah dan kompres file yang ada di website tersebut. Setelah selesai kamu akan melihat beberapa rincian seperti berapa persen yang sudah terkompres, ukuran file sebelum dan sesudah kompres, dan nama file yang kamu kompres. Setelah dirasa cukup, kamu bisa langsung mengunduhnya dengan menekan tombol unduh.

2. PDFCompressor

Website kompres file PDF yang kedua adalah PDFCompressor. Untuk bisa langsung menggunakannya, kalian cukup masuk ke website nya disini dan klik unggah file pada website tersebut atau bisa gunakan fitur drag & drop file.

Proses kompres pun berjalan dan tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai. Website ini sudah terkenal dengan hasil kompresannya yang bagus karena tidak mengurangi resolusi DPI sebuah file, sehingga file yang kamu kompres kualitasnya terjaga.

3. SodaPDF

Kompres file PDF melalui SodaPDF bisa kamu lakukan disini. Seperti biasa, klik Choose File dan pilih file yang akan kamu kompres atau gunakan fitur Drag and Drop. Fitur pengunggahan lainnya pun bisa kamu gunakan seperti mengunggah dari Google Drive atau Dropbox.

SodaPDF mempunyai keunikan yang tidak dipunyai oleh kedua website sebelumnya. Yaitu sebuah fitur dimana kamu bisa memilih sendiri kualitas pengkompresan antara lain: Low Quality, Good Quality, atau High Quality. Pilih sesuai kebutuhan kamu.

Setelah memilih kualitas pengkompresan, tunggu beberapa saat hingga hasil kompres keluar. Unduh file yang sudah di kompres atau bisa gunakan fitur kirim email.

Website ini ternyata tersedia juga dalam bentuk aplikasi. Cocok untuk kamu yang sering kompres file atau untuk menghemat kuota, pasalnya jika menggunakan aplikasi SodaPDF kamu tak perlu menggunakan akses internet untuk kompres file.

4. iLovePDF

Website terakhir yang bisa kamu gunakan untuk kompres file PDF adalah iLovePDF yang bisa kamu gunakan disini. Setelah masuk ke website nya, klik Pilih file PDF untuk mengunggah file atau gunakan opsi jatuhkan file disini untuk kamu yang biasa menggunakan fitur drag and drop.

Fitur yang disediakan oleh iLovePDF ini mirip sekali dengan SodaPDF. Dimana kamu bisa memilih sendiri kualitas kompres sesuai kebutuhan, antara lain: Kompresi Ekstrem untuk ukuran file yang lebih kecil, Kompresi yang Disarankan untuk ukuran dan kualitas file standar, dan Kompresi Rendah untuk menjaga kualitas file agar tetap tinggi.

Pilih satu dari ketiga opsi tersebut dan klik Kompres PDF untuk memulai proses kompres file. Setelah proses kompres selesai, file agar segera otomatis terunduh di perangkat kamu.

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan