Mana yang Lebih Didahulukan Ibu atau Suami? Video Ini Jawabannya

in
Mana Yang Lebih Didahulukan Ibu Atau Suami
Mana Yang Lebih Didahulukan Ibu Atau Suami

Sebagai seorang anak, tentunya kita harus taat dan berbakti kepada orangtua, terutama ibu. Namun, tak selamanya kita akan terus tinggal bersama ibu kita. Sebagai seorang wanita tentunya ingin memiliki seorang kekasih yang menjadi imam yang baik dalam rumah tangga. Sudah pasti, kita harus taat dan menghormati kepada suami.

Namun, bagaimana jika kita dihadapkan dalam situasi rumit yang mana mengharuskan memilih antara ibu atau suami? Tentu, bagi kita yang tidak mengetahuinya, akan menjadi beban pikiran yang sulit. Nah, berikut ini jawabannya.

Mendahulukan ibu atau suami?

TikTokers dengan akun @zaraelmecca mengunggah sebuah video yang menggambarkan situasi sulitnya dalam menghadapi dua pilihan. Yang mana dia mendapat kabar kalau ibunya sedang sakit dan ingin sekali menjenguknya. Namun, sang suami malah tidak mengindahkan permintaan istrinya tersebut. Lantas, bagaimana solusinya?

Baca Juga: Bosan Suami Terlalu Baik, Istri Ini Ajukan Cerai, Tapi Ditolak Pengadilan: Saya Ingin Suami Yang Mau Berdebat

Ibu atau suami yang lebih diutamakan atau didahulukan?” tulisnya dalam video.

ARTIKEL TERKAIT •
Momen Haru Seorang Ibu yang Lepas Kepergian Anaknya Merantau

Secara tiba-tiba, Zara menerima telepeon dari ayahnya yang memberitahu kalau ibunya sedang jatuh sakit dan akan segera dirawat di rumah sakit. Mendengar kabar tersebut, Zara langsung berkata kepada ayahnya akan segera datang ke rumah sakit secepatnya.

Halo pak, apa? Ibu masuk rumah sakit? Iya, kakak segera ke sana ya pak,” ucap Zara saat menerima telepon ayahnya.

Tanpa berpikir panjang, Zara langsung mempersiapkan kopernya dan memasukkan beberapa pakaian selama perjalanan dan berada di rumah sakit. Setelah persiapan sudah matang, Zara pun langsung menemui suaminya untuk meminta izin menjenguk ibunya yang sedang terbaring di rumah sakit. Namun, sang suami tidak memberi izin Zara.

Mas, ibu masuk rumah sakit. Aku minta izin pergi ke sana ya mas,” ucap Zara meminta izin pada suaminya

Ga usah. Aku gak ngizinin udah di rumah aja,” jawab suaminya.

Tapi mas,” lanjut Zara memohon izin.

Tidak diizinkan oleh suaminya, Zara merasa sedih tidak dapat menjenguk ibunya. Setelah itu, dia pun masuk ke kamar dan mengabari kepada ayahnya kalau dia tidak bisa datang.

Ibu Atau Suami
foto: TikTok/@zaraelmecca

Maaf pak, kakak belum bisa ke sana sekarang,” tutur Zara pada ayahnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Viral Pria Ini Perlihatkan Nilai Rapor SD Milik Neneknya, Endingnya Ngakak

Mengetahui istrinya yang merasa sedih, sang suami pun langsung menemui istrinya. Dia pun menyadari kalau sikapnya yang melarang istrinya untuk menjenguk ibunya yang sedang sakit adalah kekeliruan.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Yang Harus Kamu Perhatikan Dari Calon Suami

Dek, maafin mas ya. Udah jangan nangis lagi. Ayo mas anter ke rumah sakit,” pungkas sang suami.

Dalam postingannya tersebut, Zara juga menyelipkan sebuah ayat dalam kitab Tuhfatul Habib ‘ala Syarhil Khathib yang ditulis oleh Sulaiman al-Bujarimi yang memberitahu tentang situasi mana yang harus didahulukan antara ibu atau suami.

Suami boleh melarang istrinya untuk menyenguk kedua orangtuanya, menyaksikan jenazah keduanya atau anaknya. Sedang yang lebih utama adalah ia (suami) tidak melakukan larangan tersebut,” arti ayat tersebut.

Menjadi viral

Lantas, video ini pun menjadi viral dan mendapat ragam komentar dari warganet. Video ini telah ditonton lebih dari 1,2 juta tayangan dan mendapatkan like sebanyak 92 ribu kali. Banyak netizen juga setuju dengan pesan yang tersirat dalam video tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Viral Kisah Pemuda Dijodohkan Orangtuanya, Padahal Punya Pacar, Endingnya Mengejutkan

Istri yg baik akan mengutamakan suaminya, tp suami yg baik akan membuat istrinya lebih mengutamakan orangtua istrinya daripada dirinya,” tulis akun @mirazm2.

Tapi ada kisah loh aku pernah denger pas dipengajian, ayahnya masuk surga karna ketaatan anaknya terhadap suaminya,” tulis @lasarun_.

Baca Juga: Suami Mandul Apakah Boleh Istri Menikah Lagi?

Kalo wanita, nantinya suami no 1 baru ortu.. Kalo lelaki, ortu no 1 baru istrinya,” komentar @marshelonggg.

Surga istri terletak pd suami. Dan suami yg baik yg mengajarkan istri patuh pd kedua orangtuanya,” tutur @mamachaa_ .

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.