menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.com Gaya Hidup Mengapa Suara Kita Terdengar Lebih Merdu Saat Bernyanyi di Kamar Mandi?

Mengapa Suara Kita Terdengar Lebih Merdu Saat Bernyanyi di Kamar Mandi?

Mengapa Suara Kita Terdengar Lebih Merdu Saat Bernyanyi Di Kamar Mandi
Ilustrasi bernyanyi di kamar mandi (howstuffnetworks.com)

Saat masih kecil, pastinya kita sering bernyanyi ketika sedang berada di dalam kamar mandi. Layaknya seperti ruangan karaoke, suara yang kita keluarkan bahkan sudah layak disandingkan dengan penyanyi professional. Namun, ketika sedang di kamar mandi mengapa suara kita berubah? Hal ini tentunya memunculkan pertanyaan mengapa suara kita terdengar lebih bagus saat berada di kamar mandi?

Dilansir dari explotarium.com, hal tersebut karena ketika sedang mandi, kita sedang berada di ruangan dengan permukaan halus dan keras yang sifatnya memantulkan suara kembali kepada kita. Sehingga hal tersebut membuat suara kita memiliki lebih banyak kekuatan atau meningkatkan volume.

Cara kerja bernyanyi lebih bagus di kamar mandi

Dikarenakan suara kita yang memantul, ada beberapa yang memerlukan waktu lebih banyak untuk sampai terdengar oleh telinga. Dan itu meregangkan suara, hingga membuatnya lebih penuh, sehingga kita mendengarnya luar biasa.

Ilustrasi Shower
Ilustrasi shower (Tribunnews.com)

Selain karena adanya pemantulan suara, terdapat juga yang namanya resonansi, Terlebih pada shower yang dipisahkan oleh kaca berbentuk kotak di dalam kamar mandi, yang membuat panjang gelombang suara tertentu diperkuat karena pancuran itu sendiri karena bentuknya.

ARTIKEL TERKAIT •
Saat Sedang Beraktivitas Di Kamar Mandi, Ide Justru Muncul, Kenapa ya?

Hal ini terjadi saat panjang gelombang suara yang diciptakan sama dengan panjang pancuran. Sedangkan orang di luar mungkin akan mendengar suara kita lebih keras namun sedikit terdengar goyah.

Kebanyakan orang menyanyikan sebuah lagu dari apa yang sering mereka dengar ketika berada di luar kamar mandi. Sehingga bernyanyi di kamar mandi memiliki dampak negatif juga pada nyanyian. Karena kamu menerima nada yang berbeda dari yang biasanya kamu nyanyikan di luar.

Kesimpulan yang dapat diambil

Ibaratnya kamu akan jadi lebih merasa hebat atau jago karena mendengar suara yang kamu keluarkan di dalam kamar mandi. Sementara itu, saat tidak berada disana, bagaimana hasilnya? Sudah jelas berbeda bukan?

Jadi kesimpulannya, bernyanyi di kamar mandi mungkin akan membuat suara kamu terdengar seperti Ariel Noah atau Bunga Citra Lestari. So, pastikan tidak ada orang yang mendengar nyanyian kamu ya.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks