Ini 5 Kerugian Menyontek yang Kamu Dapatkan, Hentikan ya!

Students 377789(1)

Menyontek memang sangat menyenangkan. Dengan menyontek, kamu bisa mendapatkan hasil yang bagus tanpa perlu kerja keras dalam belajar. Namun ada kerugian di balik itu semua. Kerugian itu akan kamu dapatkan jika kamu selalu menyontek dan tak mau usaha sendiri. Berikut 5 kerugian yang akan kamu dapatkan kelak.

1. Kamu akan selalu malas dalam belajar

Pixabay.com/PublicDomainPictures
Sumber : Pixabay

Dengan menyontek, kamu akan selalu dihadapkan dengan sesuatu yang instan tanpa perlu berusaha. Dari situ kamu akan berpikir bahwa belajar akan membuang-buang waktu dan lebih memilih menyontek. Pikiran ini akan membuat pola pikirmu malas dalam belajar. Alhasil ketika kamu tidak bisa menyontek, kamu akan bingung sendiri.

2. Kamu selalu merasa pesimis

Pixabay.com/StockSnap
Sumber : Pixabay

Ketika malas belajar melanda, kamu akan selalu berpikir pesimis terlebih dahulu terhadap hasilnya. Kamu sudah membayangkan yang buruk-buruk seperti bagaimana nanti saat ulangan, mendapatkan nilai jelek, dan sebagainya. Kurangi menyontek dan terus giat belajar. Kamu harus optimis agar semangatmu bertambah dalam belajar. Untuk hasil, pikirkan nanti saja. Yang terpenting kamu sudah berusaha dengan kemampuanmu sendiri.

3. Tidak tau perkembangan dirimu

Pixabay.com/Pexels
Sumber : Pixabay

Dengan selalu menyontek, kamu tidak akan tau seberapa jauh perkembangan dalam dirimu terhadap suatu bidang. Kamu akan lebih malas dalam belajar dan malas berusaha sendiri. Mengetahui perkembangan itu penting untuk mengevaluasi di mana letak kesalahan dan kekurangannya. Kamu tidak akan tau kalau kamu tidak berusaha sendiri.

4. Tidak akan menambah wawasan dan pemahaman

Pixabay.com/Free-Photos
Sumber : Pixabay

Belajar sangatlah penting untuk memahami segala sesuatu. Dengan belajar, kamu akan mendapatkan wawasan dan pemahaman baru. Tapi jika kamu sering menyontek, kamu tidak akan pernah paham apa yang kamu contek. Kamu akan selalu fokus pada hasil atau jawabannya tanpa memahaminya. Dengan begitu, wawasan dan pemahaman kamu sebatas itu-itu saja. Tidak bertambah dan itu merugikan diri kamu.

5. Hasil yang kamu dapatkan tidak murni dari kerja kerasmu dalam belajar

Pixabay.com/Wokandapix
Sumber : Pixabay

Ruginya menyontek selanjutnya adalah hasil yang kamu kerjakan bukan murni dari hasil kerja kerasmu. Kerja keras dalam arti kamu sudah belajar semampunya, dengan pemahaman yang kamu ketahui. Menyontek memang sangat instan untuk mendapatkan hasil yang bagus. Namun kalau bukan dari hasil kerja kerasmu, itu akan sia-sia saja.

Kelak kamu akan menyesali perbuatan menyontekmu. Hentikan ya. Cobalah dengan kerja kerasmu sendiri, maka kamu akan tau bagaimana senangnya mendapatkan hasil yang murni dari kemampuanmu.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!

4/5 (1 Review)