Cara Agar Ketagihan Belajar – Motivasi Intrinsik

in
Motivation

Halo sobat BebasPedia, kali ini saya membahas tentang cara agar ketagihan belajar dengan menggunakan motivasi intrinsik.

Apa itu motivasi intrinsik?

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang datangnya dari diri sendiri, bukan karana hadiah atau paksaan dari orang lain.

Motivasi intrinsik ini bikin kamu semangat belajar karena kamu memang ingin belajar, dan menurut studi, motivasi intrinsik dan proses belajar adalah dua hal yang saling menguatkan.

Apa kamu pernah merasakan geregetnya belajar?, saat kamu menemukan kepuasan sendiri ketika kamu bisa mengerjakan soal – soal yang sulit atau saat kamu paham konsep – konsep tertentu, mungkin ada yang lumayan sering mengalaminya atau ada juga yang hanya sesekali mengalaminya, nah itu adalah bibit motivasi intrinsik.

Di tingkat ini kamu belajar bukan karena dorongan dari luar, bukan karena malu, ataupun terpaksa. Tapi karena kamu sudah merasakan bahwa belajar itu seru, menyenangkan, dan bikin ketagihan, seperti main game.

Bayangkan kalau kamu ketagihan belajar, bisa sepintar apa kamu? Tiap hari belajar, tiap hari baca buku atau baca artikel edukasi. Pasti pengetahuan kamu akan terus bertambah.

Bagaimana cara menumbuhkan motivasi intrinsik?

Berdasarkan riset selama empat dekade kebelakang, adanya motivasi intrinsik ini bisa memprediksi bahwa seseorang akan belajar dengan lebih cepat, bekerja lebih optimal, lebih kreatif, dan juga punya kesehatan psikologis yang bagus.

Motivasi intrinsik ini bersifat autotelic, dari kata auto (sendiri) dan telos (tujuan). Jadi suatu aktivitas atau seseorang itu bersifat autotelic kalau dia sendirinya merupakan tujuan.

Jadi kalau kamu senang belajar karena demi belajar semata karena seru, itu artinya autotelic. Kalau kamu hobi gambar meskipun gambar itu ujung – ujungnya tidak jadi uang dan tidak di apa – apakan tapi kamu senang mengerjakannya, itu juga autotelic.

Apa yang mendasari motivasi intrinsik?

Ada tiga unsur yang mendorong terbentuknya motivasi dari dalam diri:

1. Otonomi

Otonomi adalah pengalaman bahwa kita ingin merasa memiliki kuasa untuk mengubah nasib kita sendiri dan bahwa kita punya semacam kendali dalam hidup. Kita mengontrol apa yang kita perbuat dan bukan karena terpaksa.

Kalau dalam belajar sesuatu ketika kamu bisa memilih belajar materi apa dan punya pilihan aktivitas misalnya belajarnya mau pakai video atau pakai media interaktif atau mau eksperimen di lab. Itu semua bisa bikin kamu merasa punya yang namanya “otonomi”.

Jadi, penting buat kamu untuk membuat belajar itu jadi aktivitas yang memang ingin kamu lakukan. Bukan karena terpaksa. Kuncinya kamu harus tau apa pentingnya belajar suatu materi buat diri kamu sendiri.

2. Kompetensi

Kamu jago di suatu bidang itu karena suka sama bidangnya atau kamu suka sebuah bidang karena kamu jago di bidang tersebut? Rupanya motivasi intrinsik ini akan meningkat ketika kamu ahli dalam melakukan sesuatu.

Misalnya kalau kamu hebat main bola kamu akan senang main bola, tapi kalau kamu tidak hebat mungkin kamu akan merasa main bola itu tidak asik. Itu lah yang terjadi dalam belajar, banyak rasa frustrasi terjadi karena sudah ketinggalan terlalu jauh.

Untuk menjadi jago memang kamu harus memberi waktu dulu buat diri kamu sendiri untuk belajar, kamu harus sabar dulu. Dalam mengembangkan skill dan pengetahuan itu butuh proses. Prosesnya mungkin bikin menderita dan tidak nyaman, tapi nanti hasilnya akan bikin senang.

3. Keterkaitan

Manusia itu selalu membutuhkan hubungan dengan Manusia lain. Kita butuh punya grup atau kelompok tempat kita punya rasa memiliki.

Sebenarnya motivasi intrinsik itu tidak harus ada unsur sosialnya. Itu bukan syarat mutlak tapi kalau ada unsur sosialnya, maka itu akan memperkuat.

Misalnya kalau kamu punya hobi tertentu, punya klub atau komunitas tentunya kamu bisa membagikan hasil karya kamu dan hal itu akan meningkatkan kesenangan dalam beraktivitas itu sendiri.

Selain tiga hal di atas ada juga yang mengaitkan antara motivasi intrinsik dengan rasa penasaran. Pada dasarnya Manusia itu selalu berusaha mencari tau informasi yang hilang atau belum di ketahui. Makanya kita suka punya pertanyaan, mengeksplorasi, dan coba – coba hal baru jadinya ilmu pengetahuan pun bisa berkembang.

Selama unsur penasaran ini ada dia bisa meningkatkan motivasi intrinsik kamu. Dan memang di level ini kita sudah benar – benar menemukan kesenangan atas sebuah aktivitas.

Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3614004/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5364176/
  3. https://positivepsychologyprogram.com/self-determination-theory/
  4. https://www.sportsrec.com/5-different-types-motivation-12153839.html
  5. https://www.youtube.com/channel/UC5dn6JdeSgWzcNL7NuvMEKQ
  6. https://m.youtube.com/watch?v=ilGw4sB2rvQ

Sumber gambar:

  1. http://thaunguyen.com/mastery/mastery-ban-da-danh-mat-dong-luc-trong-cuoc-song

Bagikan Jika Kamu Suka

Tinggalkan Balasan