Cara Ampuh Mengatasi Anak Sulung Sering Cemburu Pada Adiknya

in
Cara Ampuh Mengatasi Anak Sulung Sering Cemburu Pada Adiknya
Cara Ampuh Mengatasi Anak Sulung Sering Cemburu Pada Adiknya

Kehadiran anak kedua bagi orang tua akan membuat keluarga kecil menjadi lebih sempurna. Namun, hal ini mungkin tidak dirasakan oleh anak pertama. Kakak sering kali merasa cemburu pada sang adik bayi karena merasa perhatian orang tua tidak lagi ditujukan untuknya.

Berikut cara mengatasi kecemburuan anak sulung pada adik yang baru lahir. Hal ini tidak dapat dibiarkan sebab jika berkepanjangan akan membuat si kakak tidak menyukai bahkan menjauhi sang adik bayi.

Orang tua perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini agar si kakak tidak cemburu terhadap adiknya.

Jelaskan hal-hal yang bayi butuhkan

Anak biasanya belum paham mengenai kebutuhan mendasar adik bayi. Biarkan ia pengertian bahwa adik bayi membutuhkan mama untuk mengendongnya, menyusui, dan sebagainya. Beritahu dengan halus dan pelan agar anak tidak merasa terbebani.

Buatlah anak merasa dibutuhkan

Penting untuk merasa dibutuhkan agar ia tahu betapa krusialnya peran seorang kakak. Biarkan anak terlibat dalam berbagai aktivitas orang tua dengan si adik bayi, jangan segan untuk meminta tolong kepadanya terkait kebutuhan sang dik bayi, seperti mengambilkan popok, mengusap-usap rambut adik yang sedang menyusu atau memilihkan baju adik.

ARTIKEL TERKAIT •
EKSPLOITASI ANAK: HAK-HAK ANAK YANG DIRENGGUT

Puji si kakak selepas membantu sang adik bayi

Selalu puji sang kakak ketika selesai membantu mama dalam melakukan apapun, meskipun itu hal kecil namun perasaan dihargai mampu mengatasi kecemburuan anak. Selalu katakan betapa beruntungnya si adik memiliki kakak sepertinya.

Bantulah anak memahami cara bersikap pada adiknya

Terkadang sang kakak sulit untuk mengontrol gerakannya. Ia belum mengerti hal apa yang boleh dilakukan pada bayi. Nah, tugas orang tua memberi peringatan padanya bahwa adik bayi masih terlalu kecil untuk diajak bermain sekarang. Namun mama juga dapat memberinya alternatif dengan memegang jari-jari adik bayi atu menciumnya pelan jika gemas.

Meluangkan waktu khusus dengan si kakak

Di tengah kesibukan dengan sang adik bayi, ibu juga harus meluangkan waktu untuk bersama dengan si kakak, waktu ini dapat disiapkan di sela-sela kesibukan seperti membaca dongeng sebelum ia tidur, berpelukan, menemaninya bermain atau hal lain yang membuat anak merasa bahagia.

Berikan Nilai Untuk Konten ini