Kebiasaan Terbentuk Selama 21 Hari? Berikut Penjelasan Dan Sanggahannya!

in
Basic Psychology Header

Pernahkah kamu mengikuti seminar atau pelatihan pengembangan diri? Mungkin sebagian dari kalian pernah mengikutinya, banyak pengisi seminar atau pembicara yang mengatakan bahwa kebiasaan akan terbentuk selama kurang lebih 21 hari.

Lalu benarkah informasi tersebut? Darimana asal penyataan tersebut? Apakah ada dasar ilmiah dari pernyataan tersebut? Baiklah kita bahas awal mula sampai sanggahannya berikut.

Awal Mula Penyataan Kebiasaan Terbentuk Selama 21 Hari

Menurut penelusuran, pernyataan kebiasaan terbentuk selama kurang lebih 21 hari (atau variasi lainnya, 28 hari) berawal dari buku yang ditulis oleh Dr. Maxwell Maltz, seorang ahli bedah plasti, sekitar tahun 1960an.

Ia melihat pasiennya yang membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk beradaptasi terhadap kehilangan anggota tubuhnya. Berdasarkan hal tersebut, Dr. Maxwell mengambil kesimpulan bahwa manusia memerlukan kurang lebih 21 tahun untuk mengadaptasikan diri dengan perubahan di dalam hidup.

Dalam bukunya berjudul “Psycho Cybernetics”, Dr. Maxwell mengatakan “… dan banyak fenomena lain yang diobservasi secara umum cenderung menunjukkan bahwa butuh minimal sekitar 21 hari untuk menghilangkan gambaran mental yang lama dan mengentalkan (gambaran mental) yang baru.”

Sebenarnya Dr. Maxwell hanya menyampaikan bahwa 21 hari itu angka minimal, namun Motivator dan pembicara seminar terkenal seperti Tony Robbons, Zig Zaglar, dan Brian Tracy menggunakan penyataan tersebut dengan menyampaikan bahwa sebuah kebiasaan membutuhkan waktu minimal 21 hari untuk terbentuk. Namun banyak orang-orang yang mencatat 21 harinya saja, tanpa kata ‘minimum’.

ARTIKEL TERKAIT •
Kelainan Sulit Mengenali Wajah, Prosopagnosia

Apakah Penyataan Dr. Maxwell Tersebut Benar?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Phillipa Lally dari University College London yang kemudian dipublikasikan pada tahun 2009 dalam European Journal of Social Psychology. Menemukan bahwa kebiasan terbentuk tergantung tingkat kompleksitas/kesulitan perilaku yang diinginkan.

Dalam penelitan tersebut, dikatakan bahwa sebuah kebiasaan dapat terbentuk sekitar 18 hingga 254 haru. Itu berarti sebuah kebiasaan dapat terbentuk rata-rata sekitar 66 hari, dengan kata lain dibutuhkan waktu hingga 2 bulan untuk merubah perilaku di kehidupan kita.

Berikan Nilai Untuk Konten ini