Huawei: Sistem Operasi Kita 60% Lebih Ngebut Dibanding Android

in
Ren Zhengfei

Huawei yang saat ini sedang mengerjakan sebuah proyek sistem operasi Hongmeng tampaknya sangat merahasiakan proyeknya agar tidak bocor sebelum tanggal perilisan. Namun, Pendiri Huawei Ren Zhengfei memberi sebuah sedikit bocoran tentang sistem operasi garapannya, Hongmeng akan lebih ngebut ketimbang Android.

“Dalam masalah kecepatan, saya kira Hongmeng akan mengungguli Android.” Pernyataan Ren dalam sesi wawancaranya di Prancis.

Hongmeng atau Oak OS dengan gamblang mengatakan sistem operasinya lebih jauh cepat 60% ketimbang Android garapan perusahaan raksasa Google, tetapi sebelumnya belum ada bukti yang kuat soal klaim sepihak ini. Ren juga mengatakan bahwa Hongmeng memungkinkan bisa dipakai di banyak area.

“Kami membangun sebuah sistem operasi yang tidak hanya berpatok pada smartphone saja, tapi dapat kompatibel di segala alat elektronik seperti: router, data center, dan juga network switches.” Tambahnya. Dengan adanya klaim ini, Hongmeng sedang membangun sistem operasi untuk ikut andil dalam Internet of Things (IoT) yang salah satunya kendaraan otonom dan smart home.

“Kami sedang berupaya untuk ikut andil dalam membangun Internet of Things dan kendaraan pintar, dengan ini kami harap dapat menghubungkan semua objek dalam satu sistem. Masyarakat cerdas adalah tujuannya.” Ungkap Ren.

Belum ada desas-desus kapan rilisnya sistem operasi Hongmeng ini. Huawei pun dipastikan akan mendapat izin kembali untuk menggunakan sistem operasi Android bersamaan dengan mulai melunaknya kebijakan Presiden AS Donald Trump.

“Hongmeng ini mungkin hanya sebatas backup, kami masih dengan senang hati menggunakan Android sebagai sistem operasi pada produk kita.” Pernyataan dari Presiden Huawei Walter Jei, belum lama ini.

Jika nantinya Google memberi izin kembali Huawei untuk menggunakan sistem operasi miliknya. Hongmeng akan menjadi sebuah ‘Plan B’ ketika masalah serupa terjadi kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Expert

M Rico Aditya Prayoga

Hey There! What's New?