Semut Bisa Membuat Obat Sendiri Saat Sakit

in
3809642708
Credit Image: bobo.grid.id

Bukan hanya dikenal jago bekerja sama, semut juga mampu menemukan makanan dengan mudah. Selain itu, mereka juga mampu membuat obat mereka sendiri ketika ada anggota koloni mereka yang sakit.

Penyebab semut sakit

Jika semut menyentuh spora dari jamur Beauveria bassiana, mereka akan sakit. Jamur tersebut akan tumbuh dalam tubuh semut dan membuat mereka sakit. Agar bisa sembuh, semut harus minum senyawa kimia yang bisa membunuh jamur tersebut.

Senyawa kimia ini bernama hidrogen peroksida, semut tidak mendapatkannya di laboratorium kimia, atau pun di apotek. Mereka bisa mendapatkan senyawa kimia tersebut dari dua makanan favoritnya, yaitu nektar dan embun madu.

Nektar berasal dari bunga, sedangkan embun madu merupakan cairan manis yang dibuat oleh kutu daun. Uniknya, semut terkadang mengumpulkan kutu daun dan membentuk sebuah peternakan.

Ilmuwan mengatakan bahwa semut yang sakit lebih memilih meminum embun madu atau nektar yang lebih banyak mengandung hidrogen peroksida dibandingkan air biasa.

Mereka mengamati dua kelompok semut, yaitus emut yang sakit dan semut yang sehat. Kedua kelompok ini diberikan pilihan untuk minum air biasa atau air yang mengandung hidrogen peroksida.

ARTIKEL TERKAIT •
Dikenal Sebagai Penyebab Penyakit, Ini Perbedaan Bakteri Dan Virus

Hasilnya, semut yang sakit memilih air dengan kandungan hidrogen peroksida. Dan semut yang sakit terlihat lebih cepat membaik kondisinya.

Cara Lain Semut Membuat Obat untuk Penyakitnya

Ada salah satu jenis semut yang tinggal di Amerika Selatan, yang bisa membuat obat sendiri layaknya ahli ramu obat. Mereka adalah jenis semut pemotong daun.

Mereka mengahancurkan daun untuk kemudian dijadikan sebuah pasta. Kemudian pasta tersebut dijadikan makanan untuk jamur yang ada di kebun milik semut.

Jamur kebun ini berguna sebagai kesediaan pangan bagi semut koloni. Ketika semut pemotong daun sakit, mereka membuat antibiotik. Antibiotik ini membunuh kuman penyebab mereka sakit.

Caranya, mereka menumbuhkan bakteri di tubuhnya, bakteri ini lah yang akan membuat antibiotik. Warna bakteri ini putih, oleh karena itu semut pemotong daun terlihat seperti ditaburi bubuk putih.

Berikan Nilai Untuk Konten ini