Faktapedia

10 Contoh Teater Tradisional di Indonesia Lengkap Dengan Gambar

Indonesia dikenal sebagai senaga yang kaya akan keberagaman budayanya. Karena itu, di seluruh daerah di Indonesia memiliki seni teater tradisionalnya sendiri. Mungkin contoh teater tradisional yang sering kita dengar adalah Wayang, Ketoprak, dan Lenong saja. Namun, ternyata ada banyak sekali pertunjukan teater tradisional lainnya, seperti Randai, Ludruk, dan Mamanda.

Sebelum membahas lebih lanjut apa saja contoh teater tradisional yang ada di Indonesia. Ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan teater. Kata teater berasal dari bahasa Yunani Teatron yang artinya tempat untuk menonton. Selain itu, teater juga diartikan sebagai pertunjukan drama.

Jenis teater tradisional dibagi menjadi dua, yaitu teater tradisional dan teater modern. Contoh teater modern yang sering kita dengar yaitu Drama, Sinetron, Film, dan Pantonim. Dan pada kesempatan kali ini bebaspedia.com akan membahas apa saja contoh teater tradisional di Indonesia.

10 Contoh Teater Tradisional di Indonesia

1. Wayang Wong dari Jawa

Wayang Wong
Wayang Wong

Wayang wong atau juga disebut wayang orang adalah seni teater tradisional berkembang pesat di Pulau Jawa, terutama Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan juga Yogyakarta. Cerita wayang wong diadaptasi dari kisah pewayangan mempunyai alur cerita tertentu, dan alur cerita yang tersaji bersifat tetap.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Indonesia Yang Harganya Sangat Mahal Di Selandia Baru

Setiap pemain wayang wong mengenakan busana dan aksesoris yang menyerupai wayang. Contoh kisah yang biasanya dimainkan dalam pertunjukan wayang orang adalah kisah Ramayana, Antasena, dan Gatotkaca.

1 2
Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.