Hari Anak Sedunia 20 November 2023 dengan Tema ‘For Every Child, Every Right’

2
0

Perayaan Hari Anak Sedunia pada tanggal 20 November 2023 memiliki sejarah dan tema spesifik.

Anak-anak memiliki peran penting sebagai pewaris cita-cita negara. Mereka adalah generasi yang akan membentuk masa depan dan harus mendapatkan jaminan kesejahteraan. Sayangnya, tidak semua anak di seluruh dunia beruntung mendapatkan masa kanak-kanak yang menyenangkan.

Kemudian, Perserikatan Bangsa-Bangsa menganggap masalah tersebut penting dan menciptakan Hari Anak Sedunia. Hari internasional ini dirayakan setiap tanggal 20 November dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak anak.

Sejarah World Children’s Day

hari anak sedunia

Hari Anak Sedunia atau World Children’s Day merupakan acara tahunan yang tercetus oleh UNICEF untuk memperjuangkan kebahagiaan dan hak-hak anak-anak.

Peringatan pertama kali terjadi pada tahun 1954, peringatan ini dulunya dikenal dengan nama Universal Children’s Day atau Hari Anak Universal, menurut laman resmi PBB.

Setiap tahun, tanggal 20 November menjadi tanggal peringatan Hari Anak Sedunia. Tujuannya adalah agar masyarakat di seluruh dunia dapat lebih sadar dan bersatu untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Sejak tahun 1990, nama hari internasional yang penting itu telah berubah menjadi Hari Anak Sedunia hingga sekarang. Tahun 1990 juga merupakan peringatan dari Majelis Umum PBB yang mengadopsi Deklarasi dan Konvensi Hak Anak.

Mengapa tanggal 20 November terpilih sebagai World Children’s Day? Untuk diketahui, tanggal ini memiliki makna penting bagi PBB, teman-teman.

Pada tanggal tersebut, Majelis Umum PBB mengesahkan Deklarasi Hak-Hak Anak pada tahun 1954. Kemudian, pada tanggal yang sama tapi di tahun 1989, Majelis Umum PBB juga mengesahkan Konvensi Hak Anak.

Setiap tahun pada tanggal 20 November, kita merayakan Hari Anak Sedunia. Pada hari ini, anak-anak dan remaja mendapatkan kesempatan untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang masalah-masalah yang mereka anggap penting.

Pada saat yang bersamaan, Hari Anak Sedunia memberikan kesempatan kepada semua orang untuk mendukung, memperjuangkan, dan merayakan hak-hak anak-anak. Hal ini harus terwujudkan melalui percakapan dan tindakan yang bertujuan untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi mereka.

Tema untuk Hari Anak Sedunia tahun 2023

Menurut situs resmi UNICEF, setiap anak memiliki hak-hak tertentu. Maka, peringatan World Children’s Day 2023, mengambil tema spesial dengan tema “For Every Child, Every Right” yang berarti ‘Bagi Setiap Anak, Setiap Hak’.

Tinggalkan Balasan