Bebaspedia.com

Kamu Atsronom Amatir? Jangan Minder!

Astronom
Astronom

Apakah kalian sering mengamati langit malam? Senang melihat Bulan? Suka melihat bintang? Mempelajari sedikit ilmu tentang astronomi? Atau bahkan memotretnya? Yah, kalian dapat disebut dengan Astronom Amatir.

Bagaimana dan seberapa pentingkah peran astronom amatir dalam sebuah masyarakat? Jika muncul pertanyaan “seberapa pentingkah peran astronom amatir dalam sebuah masyarakat?” Jawabannya, sudah tentu sangat-sangat penting. Peran astronom amatir dalam masyarakat sangat besar.

Mereka diperlukan dan dipersiapkan untuk tujuan mempopulerkan “astronomi” dikalangan masyarakat.

Para Astronom amatir merupakan  perpanjangan tangan daripada Astronom profesional. Ketika Astronom profesional melakukan riset dan penelitian, maka disinilah Astronom amatir dibutuhkan untuk mempercepat informasi dan atau hasil penelitian terbaru tersebut dapat tersebar dengan cepat.

Di Indonesia, “astronomi” merupakan hal yang sangat jarang ditekuni oleh orang-orang. Baik itu hobi, ataupun pekerjaan. Dalam masyarakat yang seperti ini dibutuhkanlah kalian–Astronom amatir untuk membumikan astronomi.

Ketertarikan masyarakat Indonesia  terhadap sains terkhusus pada bidang astronomi membuat banyak kesalahpahaman dan miskonsepsi terhadap astronomi itu sendiri.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Fakta Tentang Luar Angkasa

Misalnya saja masyarakat Indonesia cukup sukar atau bahkan tidak tahu membedakan Astrologi dan Astronomi, Astronout dan Astronom daaan masih banyak lagi ketidaktahuan orang-orang Indonesia terhadap astronomi.

Dalam situasi dan kondisi seperti ini, Astronom amatirlah yang berusaha menjelaskan, memberikan pengertian, memberikan contoh dan pemahaman serta memerangi kebodohan akan hal ini.

Telah banyak klub-klub astronom yang terbentuk di Indonesia, entah itu dibentuk oleh forum pelajar, lembaga, atau bahkan masyarakat lokal yang mencintai astronomi dan akhirnya membentuk klub Astronom amatir untuk tempat mereka berkumpul, silaturahim, berbagi informasi, dan menjadi wadah untuk memberikan edukasi pada suatu masyarakat.

Tak lupa juga, peralatan dari Astronom amatir juga banyak memberi pengaruh bagi masyarakat. Misalnya saja teleskop, benda atau alat yang banyak dimiliki oleh para astronom amatir ini bisa memikat orang-orang, baik itu anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun. Teleskop tersebut membuat banyak orang penasaran. Dari sinilah orang-orang tersebut bisa mulai suka dengan astronomi.

Belum lagi hasil jepretan para Astronom amatir atau Astrophotgrapher yang sangat Indah seperti Bulan, Milky way, Bintang, Planet, DSO (Deep Sky Object) juga dapat memikat hati masyarakat.

ARTIKEL TERKAIT •
Bisa Dilihat Dengan Mata Telanjang, Fenomena Hujan Meteor Pertama di Tahun 2020 Akan Terjadi Besok Malam

Astronom amatir dengan klub astronominya  sangat berguna. Kegiatan yang mereka lakukan sangat membantu dalam mengedukasi masyarakat. Misalnya saja, jika dilakukan pengamatan terhadap event-event astronomi seperti peristiwa gerhana, hujan meteor, atau hanya sekedar camping menikmati langit malam serta diselingi dengan pemberian materi seputar astronomi.

Di dalam dunia diera revolusi industri 4.0 saat ini, yang dimana perkembangan teknologi sudah semakin maju dan tumbuh pesat. Namun, masih ada saja orang-orang yang percaya akan dongeng bumi datar.

Lagi-lagi peran para Astronom amatir sangat diperlukan dalam situasi dan kondisi ini. Membantu pemerintah dalam memberantas kebodohan, mungkin dengan melakukan debat dengan para FE ini, tak lupa dengan memberikan bukti. Baik itu face to face atau melalui grup-grup di media sosial.

Astronom amatir punya andil dalam menyadarkan dan memberikan pencerahan kepada mereka semua.Oh iya, tak lupa juga dalam berbagai event nasional atau dalam penentuan hari-hari tertentu, Astronom amatir juga diperlukan loh.

Misalnya saja untuk pengamatan gerhana, supermoon, penentuan bulan Ramadhan dan bulan Syawal, pengamatan hilal dll. Meskipun telah tersedia pos untuk melakukan pengamatan hilal, namun tentu saja semakin banyaknya lokasi pengamatan hilal yang dilakukan oleh astronom amatir dan teleskop yang mereka punya dan tersebar diberbagai titik di Indonesia, tentunya akan sangat membantu pemerintah dalam menentukan bulan Ramadhan atau Syawal. Peran astronom amatir dalam dunia Internasional juga membantu.

ARTIKEL TERKAIT •
Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Pindah Ke Mars

Misalkan ada Astronom amatir yang dapat menemukan hal baru di dalam dunia astronomi mulai dari penemuan asteroid hingga supernova dan itu sangat membantu terutama bagi para astronom professional.

So, meskipun dikatakan “amatir” namun, ilmu teman-teman kita ini–Astronom amatir tidak dapat kita pandang sebelah mata apalagi meremehkannya. Banyak manfaat, dan pengaruh baik yang dibawa oleh mereka.